Proses Komunikasi Bisnis

Sumber Ilustrasi: https://pixabay.com/id/

Komunikasi bisnis merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan. Komunikasi ini bisa diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal maupun non verbal. Di mana dalam komunikasi ini berisi pendapat, ide, gagasan, maupun informasi. Komunikasi ini dapat dilakukan secara personal maupun impersonal.

Proses komunikasi Bisnis Memiliki 5 Tahapan Yaitu:

1. Pengirim Mempunyai Suatu Ide atau Gagasan

Tahapan ini merupakan awal dari komunikasi bisnis yang akan terjadi. Ide ini masih berupa data mentah yang masih belum diproses menjadi pesan. Sehingga masih belum dapat disampaikan kepada komunikan. Pada tahapan ini merupakan penemuan ide mentah.

2. Mengubah Ide Menjadi Pesan

Suatu proses komunikasi, tidak semua ide dapat diterima atau dimengerti dengan sempurna. Agar ide dapat diterima dan dimengerti secara sempurna, pengirim pesan harus memperhatikan beberapa hal, yaitu subjek (apa yang ingin disampaikan), sasaran, peserta, mimik tubuh dan unsur budaya.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Apa Saja yang Diperlukan Saat Melakukan Presentasi Bisnis?

3. Menyampaikan Pesan

Tahap berikutnya adalah menyampaikan pesan melalui berbagai saluran yang ada kepada si penerima pesan. Saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan terkadang relatif pendek, tetapi ada juga yang cukup panjang. Panjang pendeknya saluran komunikasi yang digunakan akan berpengaruh terhadap penyampaian pesan.

4. Penerimaan Pesan

Komunikasi antara seseorang dengan orang lain akan terjadi, bila pengirim pesan mengirimkan suatu pesan dan penerima pesan menerima pesan tersebut. Contoh Ketika orang ingin memahami isi surat maka orang tersbut harus membaca isi surat tersbut sehingga dia tahu apa yang ada di dalam surat tersebut.

5. Penerima Pesan Memberikan Tanggapan

Umpan balik tersebut merupakan tanggapan penerima pesan yang memungkinkan pengirim untuk menilai efektivitas suatu pesan. Setelah menerima pesan, penerima pesan akan memberi tanggapan dengan cara tertentu dan memberi sinyal terhadap pengirim pesan. Sinyal yang diberikan oleh penerima pesan dapat memberikan bentuk gaya tubuh , komentar atau kedipan.

Dampak Kesalahan Komunikasi Bisnis

1. Terjadi Kesalahpahaman

Kesalahpahaman yang terjadi ini mengakibatkan beberapa dampak negatif yang timbul, Sebagai pelaku bisnis harus memastikan pesan atau informasi yang diberikan tersampaikan dengan baik dan tepat, sehingga hal itu akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat kesalahan dalam berkomunikasi.


2. Pemasaran dan Pelayanan Menurun

Sudah menjadi suatu keharusan jika pelaku bisnis melakukan komunikasi dengan baik pada saat melakukan pemasaran dan pelayanan. Dengan begitu diharapkan kegiatan pemasaran dan pelayanan ini dapat mampu dijalankan dengan maksimal supaya meningkatkan angka penjualan dan membuat konsumen lebih tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Strategi Bisnis Sosial Media

3. Kehilangan kepercayaan

Ketika seseorang terus melakukan kesalahan komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan kesalahpahaman dan dari kesalahpahaman itulah akan sedikit demi sedikit menghilangkan rasa kepercayaan.

Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik pasti akan memberikan solusi dalam komunikasi. 3 hal yang harus dipertimbangkan untuk mengatasi beberapa hambatan komunikasi:

1. Penyampaian Pesan Yang Sangat Detail

Memperhitungkan tujuan yang akan disampaikan kepada penerima pesan .Langsung kepada point utama sehingga mudah di pahami.

2. Meminimalkan Gangguan dari Proses Komunikasi

Memilih saluran komunikasi yang cermat, kita dapat memperhatikan pesan yang disampaikan oleh audiens. Jika pesan disampaikan secara lisan, harus tahu di mana pesan dikirim atau dikirim, seperti suara dan sistem sound yang nyaman dan tenang, kursi yang tertata, ruang yang segar, rapi dan nyaman. Kita harus berusaha untuk membawa pesan ke tujuan yang diinginkan tanpa menyebabkan gangguan yang signifikan.

3. Mempermudah dalam Umpan Balik Pesan

Meningkatkan umpan balik sehingga memiliki manfaat yang signifikan seharusnya dapat mengorganisasikan pesan tersbut dikirim kepada penerima. Jika memerlukan komentar cepat, dapat memilih sarana komunikasi tatap muka atau telepon yang cepat.

Penulis:  Fajar Tri Bayu Putra dan Dodi Saputra
Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Refrensi: http://eprints.unpam.ac.id/8797/1/SAK0272_KOMUNIKASI%20BISNIS.pdf
https://tambahpinter.com/komunikasi-bisnis/

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI