Bertumbuh Bersama UMKM: Pengalaman Magang Mahasiswa UNTAG Surabaya

Magang
Toko Aquapedia Surabaya, UMKM bidang penjualan ikan hias di Indonesia (Sumber: Dokumentasi Aquapedia Surabaya)

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha produktif yang berdiri sendiri dan dimiliki oleh perorangan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa UMKM memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga menjadi penyelamat ketika musibah datang seperti krisis moneter 1998 dan pandemic Covid-19 tiga tahun lalu.

Oleh karena itu, kini mulai bermunculan para usahawan kecil dan menengah yang siap terjun langsung dan meningkatkan kembali ekonomi negara.

Bacaan Lainnya

Ditunjang dengan perkembangan teknologi yang cepat, banyak kesempatan terbuka bagi para pelaku UMKM yang baru saja memulai aksi mereka.

Salah satu akses teknologi yang memiliki efek signifikan bagi penjualan produk mereka adalah melalui media sosial.

Gambar 1. Koleksi ikan Discus dan Chinnese High Finn milik Aquapedia Surabaya (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Media sosial menjadi tempat termudah bagi para UMKM untuk mengenalkan usaha mereka pada konsumen.

Bentuk pengenalan produk yang sedang marak terjadi adalah konten promosi soft selling yang diselingi oleh edukasi ataupun cerita-cerita yang dapat relevan dengan produk tersebut.

Namun, tentu saja dengan kemudahan teknologi ini, masih saja ada pihak-pihak UMKM yang belum bisa mengambil kesempatan itu dengan baik. Salah satunya adalah UMKM yang berkecimpung di bidang penjualan kebutuhan perawatan dan peralatan ikan hias yakni toko Aquapedia Surabaya.

Belum lama berdiri, Aquapedia Surabaya masih belum melakukan eksplorasi media sosial atas alasan pribadi, kurangnya waktu dan terbaginya fokus membuat toko ini kurang mendapatkan atensi konsumen luar, sehingga kebanyakan pembelian terjadi hanya di sekitar toko saja.

Hal ini membuat Aquapedia Surabaya kurang dalam performa penjualan. Oleh karena itu, pemilik membuka kegiatan magang agar dapat membantunya untuk menaikan image toko dan performa penjualan.

Gambar 2. Kein sedang membuat konten untuk Proyek Eskalasi: Tumbuh Bersama UMKM (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Setelah menelaah berbagai tantangan yang perlu dihadapi, Kein mulai menjawab tantangan tersebut melalui sebuah proyek bernama Eskalasi: Tumbuh Bersama UMKM.

Proyek tersebut akan berisi strategi dan realisasi mengenai cara-cara Kein dalam menumbuhkan dan meningkatkan kehidupan media sosial toko Aquapedia Surabaya terutama Instagram.

Strategi yang akan digunakan adalah berfokus membuat berbagai konten promosi produk yang diperjual-belikan oleh toko baik secara softselling maupun hardselling.

Dalam melakukan strategi inipun, Kein tetap menekankan visi dan misi toko yakni tetap memberikan pelayanan yang memuaskan.

Didampingi oleh dosen pembimbing Maulana Arief, S.SOS., M. I. Kom, hal ini telah sesuai dengan ketentuan dan peminatan terkait mata kuliah prodi Ilmu Komunikasi khususnya new media.

Semoga dengan adanya Proyek Eskalasi: Tumbuh Bersama UMKM yang dilakukan Kein untuk toko Aquapedia Surabaya dapat memberikan dampak yang positif.

Baik dalam segi eskalasi penjualan hingga menaikan eksistensi toko Aquapedia Surabaya di khalayak umum.

Penulis: Kein Reyis Heralia
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI