Iklan Mengundang Kegaduhan, Avoskin Angkat Bicara

Bisnis
Iklan Mengundang Kegaduhan, Avoskin Angkat Bicara

Avoskin, salah satu brand kecantikan lokal yang akhir-akhir ini sedang menjadi sorotan masyarakat karena dianggap mengikuti konsep iklan brand kecantikan asal Korea Selatan, Barenbliss.

Kedua brand kecantikan ini memiliki konsep yang sama untuk mengiklankan produk mereka masing masing. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Semua ini berawal ketika salah satu akun Twitter netizen @raihanhabib mengunggah postingan yang menunjukkan bahwa Avoskin dan Barenbliss memiliki kesamaan iklan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Daya Tingkat Efektivitas Penjualanan Mi Instan Lemonilo Memilih NCT Dream sebagai Brand Ambassador

Namun ternyata, Barenbliss telah memposting iklan tersebut sejak 7 Juli 2022, sedangkan Avoskin baru memposting iklannya pada 26 Oktober 2022. Hal ini tentunya mengundang banyak komentar positif dan negatif dari netizen yang lain.

Setelah mendapat banyak cuitan dari netizen, pihak Avoskin segera men-take down konten tersebut, dan menanggapi postingan di akun Twitter @raihanhabib.

“Hai Kak Raihan, thank you untuk tweet-nya. MinVo mewakili brand Avoskin ingin mohon maaf kepada @barenbliss_id terkait konsep video yang sangat mirip 🙏🏻 Avoskin mengakui kalau kami kelepasan dalam proses approval konsep video tersebut sehingga tidak sadar kalau ternyata sangat mirip dengan video TVC Barenbliss. Untuk itu, kami akan take down asset tersebut karena Avoskin hingga saat ini tetap berpegang pada keyakinan bahwa ‘konsep’ sesuatu yang mahal dan merupakan kekayaan intelektual yang tidak boleh diplagiasi. Terima kasih sekali lagi Kak Raihan ☺️,” respon Avoskin dalam postingan milik @raihanhabib.

Respon netizen atas klarifikasi brand Avoskin.

Pihak Avoskin juga menambahkan bahwa terjadi miss communication antara konsepan kedua video iklan tersebut. Mereka juga mengunggah postingan permohonan maaf melalui akun Instagram mereka @avoskinbeauty.

Dalam postingan tersebut, Avoskin mengakui kesalahan mereka dan berkata bahwa mereka akan lebih teliti untuk kedepannya. Mereka mengaku bahwa tidak ada sedikitpun niatan mereka untuk meniru karya kreatif brand lain, karena mereka sangat menjunjung tinggi orisinalitas sebuah karya.

Baca Juga: Pengaruh Kegunaan Brand Ambassador dalam Memperkenalkan Produk di Kalangan Masyarakat

Karena sikap Avoskin yang cepat dalam menanggapi suatu masalah, Avoskin mendapatkan banyak dukungan dari netizen.

Penulis: Gustyandra Andjani Brilliantari
Mahasiswa Mass Communication Binus University

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI