Aplikasi TikTok sebagai Media Promosi Akun Javafoodie

Pada zaman sekarang ini teknologi semakin canggih dan modern, teknologi sebuah keharusan sebagaimana banyak orang tidak dapat dijauhkan. Teknologi informasi yang sangat pesat saat ini biasa dikenal dengan media sosial atau media.

Setiap hari kita tidak melihat ada orang yang tidak memanfaatkan teknologi ini, dari orang dewasa, anak muda, bahkan anak-anak untuk penggunaan media sosial pada saat sekarang ini. Di tahun 2020 lalu aplikasi yang bernama TikTok merupakan aplikasi sosial media yang paling populer di Indonesia.

Sehingga membeberkan masyarakat Indonesia terutama kepada anak-anak muda sekarang. Menurut Viv Gong, head of marketing TikTok mengatakan, Indonesia mendapatkan peringkat keenam terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet, sehinggal hal tersebut yang mendasari aplikasi TikTok masuk ke Indonesia.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Dampak Aplikasi TikTok terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Anak

TikTok memiliki banyak user. Menurut Pertiwi (2020), pada Agustus 2020 aplikasi TikTok dinobatkan sebagai aplikasi terlaris dengan jumlah unduhan sebesar 63,3 juta baik di Apple store maupun play store. Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi tersebut sebesar 11% dari total unduhan aplikasi TikTok.

Menurut Hootsuite.com, pada tahun 2019 aplikasi TikTok sudah diunduh sebanyak 1,65 miliar kali dan telah terpasang pada gawai elektronik sebanyak 738 juta kali. Hal tersebut memberikan petunjuk bahwa TikTok menjadi aplikasi media sosial yang populer dan berkembang.

Perkembangan aplikasi TikTok menjadi kesempatan bagi para pengusaha atau para pelaku pemasaran untuk melakukan personal branding atau mempromosikan produknya. Sehingga menjadikan salah satu akun yang jadi objek artikel ini yaitu akun Javafoodie sampai saat ini memiliki jumlah followers sebanyak 61.200 dan jumlah likes sebanyak 1.900.000.

Konten yang memiliki jumlah likes tertinggi berjudul “Mari Saling Membantu” yang mempromosikan warung makan Babakaran street dengan jumlah likes sebanyak 30.200. Sedangkan jumlah likes terendah sebanyak 53 likes, terdapat pada konten berjudul “Brownies Crispy” yang mempromosikan produk dari merek Lemonilo berupa camilan brownies crispy.

Baca Juga: Pentingnya Keluar dari Zona Nyaman Bagi Remaja yang Kecanduan Scroll Tiktok

Maka dari itu media sosial dapat menjadi saluran komunikasi yang baik untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia termasuk Industri kuliner. Salah satu akun TikTok yang terus mempromosikan industri kuliner di Yogyakarta adalah akun TikTok Javafoodie.

Javafoodie mempromosikan industri kuliner dengan menggunakan metode story telling sehingga membuat isi pesan tersampaikan dengan baik kepada viewers video yang diunggah oleh akun Javafoodie.

Dengan adanya suatu promosi di media TikTok sehingga dengan konten video di TikTok menjadikan untuk sebagai media promosi. Promosi di media sosial TikTok membantu agar video kita ditemukan oleh lebih banyak orang, mengarahkan lebih banyak orang ke situ web kita, dan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pengikut.

Menurut Kotler dan Gary A. dalam Alexander Sindoro (2000). Bauran promosi merupakan ramuan khusus dari iklan pribadi, maka dari itu promosi dan hubungan masyarakat akan digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya.

Baca Juga: TikTok Mengandung Konten Negatif? Yakin?

Banyaknya pengguna smartphone menjadi peluang bagi para produsen untuk menggunakannya sebagai sarana promosi produk. Digital marketing adalah kegiatan promosi yang menggunakan media elektronik. Perkembangan teknologi dan media informasi berdampak juga terhadap promosi yang dilakukan.

Di mana sudah beralih ke promosi online. Banyak pengusaha yang lebih memilih mempromosikan produk mereka dengan internet salah satunya dengan media sosial. Dengan keuntungan lebih murah, proses promosi cepat, jangkauannya luas dapat dilihat oleh seluruh dunia.

Dari pembahasan data dan fakta di atas akun Javafoodie menjadikan TikTok sebagai media promosi makanan dan akun TikToknya. Maka dari itu TikTok sangat tepat menjadi media promosi bagi akun Javafoodie. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem promosi aplikasi TikTok pada akun Javafoodie.

Penulis: Ahnaf Rizqi Fahturrahman
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI