Program Kerja KKN UNRI yang memberikan sosialisasi strategi pemasaran digital dan pembuatan logo, UMKM dapat memperoleh pengetahuan yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan pemasaran dan branding di era digital.
Desa Sungai Siput merupakan desa yang kaya akan potensi UMKM dengan produk-produk unik dan tradisional. Namun, dalam era modern yang didominasi oleh teknologi digital, tantangan dalam pemasaran dan branding bagi UMKM lokal semakin kompleks.
Untuk mengatasi hal ini, program KKN UNRI hadir sebagai solusi dengan memberikan sosialisasi tentang strategi pemasaran digital dan pembuatan logo kepada UMKM di Desa Sungai Siput.
Mengajarkan UMKM tentang kekuatan platform media sosial untuk mempromosikan produk dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Ini membantu UMKM menjangkau konsumen potensial di seluruh wilayah.
Memberikan panduan tentang pembuatan konten bermanfaat seperti promosi di FB atau video yang tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga memberikan informasi berguna kepada konsumen.
Pembuatan Logo
KKN Unri memberikan Logo sebagai tanda pengenal ataupun identitas untuk UMKM itu sendiri.
Pembuatan logo sangat membantu UMKM di Desa Sungai Siput membedakan mereka dari pesaing, dengan pemasaran yang efektif dan branding yang kuat UMKM memiliki peluang yang lebih baik untuk berkembang dan bertahan dalam jangka panjang.
Dengan program ini, diharapkan UMKM dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.
Penulis: A’isyah Az Zahra
Mahasiswi Teknik Elektro, Universitas Riau
Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi