Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Sosialisasi Digital Marketing & Pemanfaatan E-Commerce di Desa Silado

sosialisasi digital marketing dan e-commerce
Kegiatan sosialisasi pemanfaatan e-commerce, marketplace dan digital marketing

Pelaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari 3 poin, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Atas dasar hal tersebut, Universitas Nusa Mandiri melalui mahasiswanya yang berdomisili di wilayah Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan pengabdian masyarakat (KKN) di desa Silado dengan program One Day Training bertema Sosialisasi dan Pengenalan E-Commerce, Marketplace dan Digital Marketing pada Minggu (22/05) pagi.

Melalui Surat yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Nusa Mandiri Jakarta Timur dengan Nomor 2473/KKN/IT-NM/B3/V/2022 perihal Permohonan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan ditujukan kepada Ketua RT salah satu wilayah di Desa Silado.

Bacaan Lainnya
Peserta sosialisasi pemanfaatan e-commerce, marketplace dan digital marketing pada remaja desa Silado

Hal ini disambut baik oleh Ketua RT maupun remaja setempat, khususnya yang memiliki minat dalam bidang digital dan informasi yang merupakan sasaran utama dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca juga: Mahasiswa UMM Ikut Andil Kembangkan UMKM Usaha Keripik Singkong dengan Digital Marketing

Okvi Dwi Santra, Mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Nusa Mandiri dalam kegiatan tersebut memberikan sosialisasi dan training dengan materi seputar E-Commerce, Marketplace serta Digital Marketing. Bertempat di Oemah Pring Desa Silado, kegiatan ini digelar secara santai dan terbuka.

Berdasarkan data dari We are Social & Hootsuite mengenai Digital 2021: Indonesia, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu 8 jam 52 menit untuk penggunaan internet, dan 3 jam 14 menit untuk memainkan media sosial dalam sehari.

Dalam perspektif bisnis, tentu ini adalah sebuah peluang yang sangat besar. Alasannya karena setengah dari waktu yang masyarakat miliki dalam sehari dapat kita manfaatkan untuk menawarkan produk/layanan.

Besarnya peluang yang ada mengharuskan setiap pelaku bisnis mempelajari secara mendalam seluk-beluk bisnis digital serta bagaimana cara mengoptimalkannya.

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan e-commerce, marketplace dan digital marketing

Gagasan inilah yang ingin disampaikan oleh Okvi Dwi Santra dalam memberikan kesadaran masyarakat khususnya remaja Desa Silado agar lebih memaksimalkan penggunaan gadget untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan menghasilkan, yaitu memulai kegiatan berwirausaha.

Baca juga: Mahasiswa UNTAG Surabaya Terapkan Digital Marketing Via Media Sosial pada UMKM

Kepala Desa Silado, Iwan Setiawan, SE yang juga sempat turut menghadiri kegiatan tersebut memberikan motivasinya,

“Saya mewakili Pemerintah Desa sangat mengapresiasi kegiatan positif semacam ini. Karena kegiatan semacam ini sangat bersinergi dan sejalan dengan program kerja yang sedang dicanangkan oleh Pemerintah yaitu pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat disini adalah bahwa masyarakat itu sendiri bukanlah obyek dari pembangunan desa, melainkan subyek atau pelaku utama. Masa depan desa ini selanjutnya berada di generasi adik-adik semua.”

Untuk itu, bagi adik-adik remaja patut bersyukur memiliki wadah pertemuan dan kegiatan positif semacam ini. Adik-adik bisa mendapatkan wawasan dan keterampilan baru yang akan bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Adik-adik juga bisa mengadaptasi cara mengajar Kakak-kakak mahasiswa, untuk menambah kemampuan public speaking, yang merupakan salah satu keterampilan unggulan yang juga wajib dimiliki dalam dunia kerja dan bermasyarakat,” tutupnya.

Laporan oleh: Okvi Dwi Santra, Mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Nusa Mandiri

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI