Pendampingan Pembuatan Pojok Baca untuk Siswa di SD Negeri 176349 Pollung

Pada abad 21 era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 munculnya paradigma literasi baru, tantangan pada era ini sangat kompleks dengan mengharuskan masyarakat mengimplementasikan literasi baru yang berupa literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia, yang kemudian menjadi pelengkap literasi lama yaitu membaca, menulis, dan berhitung.

Proses belajar dan pembelajaran akan menjadi input dengan tujuan agar menghasilkan  output yang diharapkan.

Penerapan High Order Thinking Skill harus menggiring siswa  untuk dapat berpikir logis, kreatif, komunikatif yang dibutuhkan diabad 21.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Peran Orang Tua dalam Membantu Mengembangkan Kreatifitas Anak dalam Membaca Buku di Rumah

Tanpa hal  tersebut capaian pendidikan abad 21 tidak akan terlaksana karena era ini membutuhkan  keterampilan yang sangat kompleks.

Maka semua Guru, Dosen, dan Akademisi, harus dapat  mewujudkanhal itu dalam rangka menggapai peradaban literasi baru.

Program pojok baca yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Asistensi Mengajar bersama ibu Hotma Tiolina Siregar sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Universitas Quality Prodi PGSD, ini mendapatkan antusiasme tinggi dari Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-siswi di SD Negeri 176349 Pollung.

Baca juga: Membuka Jendela Dunia melalui Membaca

Para guru menyambut positif program kerja ini karena dapat menambah kelengkapan fasilitas di sekolah.

Siswa-siswi juga sangat bersemangat dengan adanya pojok baca di ruanga kelas. Program kerja pembuatan pojok baca yang telah terlaksana meningkatkan rasa tertarik dan menumbuhkan minat baca siswa-siswi SDN 176349 Pollung terhadap buku-buku, baik buku pendidikan maupun non pendidikan.

Pojok baca ini memiliki tujuan untuk meningkatkan antusiasme, rasa tertarik dan literasi siswa siswi terhadap buku, sekaligus menjadi bukti sinergi antara Mahasiswa dengan pihak sekolah SDN 176349 Pollung. 

Berdasarkan kegiatan telah dilakukan, pembuatan pojok baca mampu meningkatkan semangat minat baca dan rasa ingin tahu siswa-siswi di SD Negeri 176349 Pollung terhadap beberapa jenis buku yang ada.

Baca juga: Pojok Baca sebagai Sarana Stimulasi Literasi dan Numerasi dengan Dukungan Adaptasi Teknologi Digital

Siswa-siswi ini juga menjadi paham tentang betapa pentingnya membaca untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan inisiasi program Pojok Baca ini telah tercapai.

Penulis: Hotma Tiolina Siregar

Mahasiswa Jurusan FKIP (Prodi PGSD), Universitas Quality

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI