Seberapa Penting Bahasa Inggris dalam Sektor Pariwisata?

tour guide
Ilustrasi: istockphoto

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di berbagai negara untuk berkomunikasi dan sebagai bahasa penghubung antar individu. Dalam sektor pariwisata, bahasa Inggris dipergunakan untuk mempromosikan wisata dalam negeri ke luar negeri, pelayanan reservasi, pelayanan akomodasi (hotel atau perjalanan), pelayanan saat guiding, dan komunikasi wisatawan mancanegara (wisman) dengan masyarakat.

Indonesia memiliki daya tarik pariwisata yang menakjubkan, karena Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan keanekaragaman budaya.

Sepanjang tahun kita dapat senantiasa menikmati keindahan alam Indonesia tanpa batasan atau menyesuaikan dengan musim dikarenakan negara Indonesia dilewati khatulistiwa dan beriklim tropis. Karena inilah Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di dalam dunia pariwisata.

Bacaan Lainnya

Sebagai pelaku wisata yang terlibat dalam kegiatan pariwisata dan juga melayani wisatawan mancanegara, kita harus mampu menguasai bahasa Inggris atau minimal dasar-dasar dari bahasa Inggris untuk berkomunikasi yang berkaitan dengan pekerjaan dan menguasai gramatika yang benar.

Adapun beberapa pelaku wisata yang diharuskan menguasai bahasa Inggris yaitu; tour guide (pemandu wisata), pegawai hotel, pegawai travel agent, dan masyarakat di sekitar hotel atau tempat wisata.

Mengenalkan pariwisata Indonesia ke seluruh dunia salah satunya dapat dilakukan dengan cara promosi. Melihat perkembangan teknologi informasi saat ini, sangat mudah bagi kita untuk mempromosikan hal apapun di media sosial.

Bahasa yang digunakan untuk promosi pun harus menggunakan bahasa asing, salah satunya yaitu bahasa Inggris, karena seperti yang kita ketahui yaitu bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, atau bisa juga disesuaikan dengan kawasan atau daerah yang ditujukan.

Dalam promosi kita harus memberikan informasi yang lengkap dan membuat promosi semenarik mungkin dengan menjelaskan letak daya tarik destinasi wisata tersebut.

Selain untuk mempromosikan, bahasa Inggris juga berperan dalam bidang reservasi, pelayanan akomodasi, pelayanan saat guiding, dan komunikasi wisatawan mancanegara dengan masyarakat.

Dikarenakan sebelum wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung di Indonesia datang, mereka akan melakukan reservasi terlebih dahulu. Lalu saat mereka sampai di Indonesia hingga kembali ke negara asalnya, mereka akan dipandu oleh seorang guide yang pastinya harus mampu berbahasa Inggris.

Jadi, para pelaku wisata terutama seorang guide yang bertugas memandu wisatawan dari awal datang hingga kembali ke negara asal, harus menguasai atau mampu berbahasa Inggris dengan baik dan juga memiliki kepribadian yang baik.

Tidak hanya itu, masyarakat di sekitar hotel atau tempat pariwisata juga disarankan untuk minimal mengetahui dasar dalam berbahasa Inggris untuk berkomunikasi, dikarenakan tidak sedikit wisatawan ingin berkomunikasi dengan masyarakat sekitar dan hal itu akan sangat berkesan bagi wisatawan tersebut. Sehingga pelaku wisata dan masyarakat semua pada dasarnya sama sama membutuhkan penguasaan bahasa Inggris.

Tidak dapat disangka minimnya penguasaan bahasa Inggris adalah salah satu faktor yang menjadi kendala dalam sektor pariwisata. Itu sebabnya sebagai pelaku wisata perlu menguasai bahasa Inggris, selain pelaku wisata juga disarankan untuk bisa berbahasa Inggris walaupun hanya dasar-dasarnya saja, karena itu akan memudahkan seseorang dalam mencari pekerjaan.

Banyak cara atau media yang bisa kita gunakan untuk memulai belajar bahasa Inggris, seperti sering menonton film berbahasa Inggris, sering membaca artikel berbahasa Inggris, mendengar musik berbahasa Inggris, dan mengikuti kursus.

Penulis: Dhini Tria Yuniar
Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tidar

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI