Strategi Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Instagram di Desa Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo

Kegiatan Mahasiswa
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa KKN (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa seara interdispliner, instutisonal, dan kemitraan sebagai salah satu bentuk kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Dengan adanya KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini diharapkan apa yang sudah diterima selama di dalam perkuliahan dapat di aplikasikan langsung kepada masyarakat. Dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tersebut diharapkan dapat meningkatkan sikap kemandirian dan kerja tim bagi mahasiswa.

Kegiatan-kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dapat melengkapi pemberdayaan diri mahasiswa dalam menuju kompetensi profesionalisme.

Bacaan Lainnya

Salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan kegiatan Program kerja yang berjudul “ Strategi Pengembangan Pemasaran UMKM melalui Instagram di desa Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo”

Disusun oleh Noviati Mahmudah, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya program studi Ekonomi Pembangunan. Dosen pengampu: Dr. Arga Christian Sitohang SE.,MM

Yang dilaksanakan di Desa Kedungpeluk, kecamatan Candi, kabupaten Sidoarjo merupakan satu-satunya desa pesisir di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Letak Desa Candi berada di bagian paling timur Kecamatan Candi.

Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Kalipecabean di sebelah barat. Di sebelah utara dan timur, Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Gebang. Sementara di sebelah selatan, Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Banjarpanji.

Penduduk Desa Kedungpeluk terutama bekerja sebagai petani tambak dengan komoditas utama berupa ikan dan udang air payau. Pekerjaan lain yang juga ditekuni oleh penduduk Desa Kedungpeluk yaitu sebagai pengolah hasil perikanan khususnya bandeng dan pembuatan kerupuk ikan.

Pada tanggal 13 Mei 2023, saya melalukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yaitu pelatihan pemasaran produk melalui Instagram kepada pelaku UMKM.

Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui gambaran umum serta manfaat yang akan di dapatkan dengan menggunakan Instagram dalam mempromosiakan suatu produk yang diperjualkan.

Saya memberikan materi tersebut melalui diskusi, materi yang saya berikan antara lain yaitu pengertian penjualan melalui Instagram, manfaat Instagram dan kelebihan dari Instagram.

Saya menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh masyarakat agar materi yang saya sampaikan dapat mudah dipahami oleh masyarakat sasaran dan agar tidak terjadi miskomunikasi atau kesalah pahaman terhadap materi yang saya berikan.

Adapun strategi yang digunakan untuk pengembangan pemasaran melalui Instagram yaitu:

  1. Menggunakan Instagram bisnis
  2. Melakukan optimasi profil
  3. Membuat konten menarik dan konsisten
  4. Melakukan promosi, dan lain-lainnya

Penulis: Noviati Mahmudah
Mahasiswi Ekonomi Pembangunan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI