Tips Mengangkat Brand Produk dengan Konten Kreatif dalam Digital Marketing

Digital Marketing
Andi Sudibyo Mahasiswa Magang dan Pihak dari Perusahaan (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Magang merupakan kegiatan yang membuat mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan dan juga dapat memperkenalkan dan memberikan gambaran dunia kerja sesungguhnya yang nanti kita hadapi.

Nama saya Andi Sudibyo, mahasiswa aktif semester 7 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Disini, saya dan 2 teman saya yang menjadi satu tim akan membagikan pengalaman dalam magang di sebuah perusahan Mesin Kasir yang ada di Surabaya tepat dalam posisi digital marketing.

Bacaan Lainnya

Sepanjang perjalanan, kami tidak hanya duduk-duduk saja, lho!

Tentunya untuk membuat konten yang kreatif disini yang paling utama adalah menentukan konsep dari konten video seperti apa yang akan dibuat menyesuaikan dengan tema dilanjutkan dengan penyusunan skrip yang sesuai dan merevisi seperti kata yang tidak perlu, sehingga video konten tidak terlalu panjang.

Kemudian pembuatan konten dengan pengambilan video yang pas dengan mode potrait dan pengambilan video utamakan wajah kita terlihat dengan jelas.

Bagaian terakhir adalah pengeditan, utamakan dalam pengeditan video konten tidak hanya menampilkan kita berbicara saja tetapi juga menampilkan ilustrasi berupa gambar atau video agar penonton tidak merasa bosan.

Kegiatan Membuat Konten

Tantangan besar yang kita hadapi adalah bagaimana kita membuat konten agar menarik bagi penonton, caranya dengan membuat konten yang se-kreatif mungkin agar dinikmati sekaligus bisa mengangkat dan memperkenalkan suatu brand produk.

Berikut tips-tips agar konten menjadi se-kreatif mungkin berdasarkan pengalaman magang kami:

1. Menceritakan Kisah Unik Suatu Produk:

Mulai dengan menceritakan kisah unik di balik produk. Cerita ini bisa berupa ide awal, perjalanan pengembangan, atau momen-momen lucu yang terjadi selama proses produksi.

Dan cerita ini harus bisa membuat orang tertarik dan tersenyum. Seperti, menceritakan produk yang dipromosikan terinspirasi dan memiliki desain mirip dengan karakter hewan yang lucu.

2. Menggunakan Visual yang Menggoda:

Sebuah gambar atau video bisa lebih kuat daripada seribu kata. Memastikan konten visual yang kami buat menarik perhatian seperti, menyertakan meme dan animasi singkat yang sedang trend tapi jangan lupa harus relevan dengan produk sehingga akan lebih menarik dan mudah diingat penonton.

3. Bermain dengan Humor:

Humor adalah alat yang ampuh dalam pemasaran. Membuat konten yang menghibur, sederhana, dan lucu yang bisa membuat orang tertawa juga bisa mengingat produk yang kami tawarkan, tetapi dalam membuat humor usahakan jangan terlalu berlebihan dan kenali target pasar yang akan dituju.

Seperti, bermain dengan kata kata “Anda puas dengan produk kami, kabari teman anda. Anda kecewa, segera kabari staff kami. Anda jomblo, bukan urusan kami!”.

4. Gunakan Hashtag Kreatif:

Membuat hashtag unik yang terkait dengan produk kami dan mendorong pengguna untuk menggunakannya dalam konten mereka.

Ini tentu dapat membantu konten yang kami buat menjadi lebih mudah ditemukan di media sosial. Seperti mencantumkan #fouryourpage, #bestvideo, #meme, #kontenkrearif dan #momenlucu.

5. Cerita “Behind the Scenes”:

Hal ini menunjukkan kepada orang bagaimana suatu produk dibuat. Ini memberikan pandangan yang lebih intim dan manusiawi tentang brand sebuah produk. Seperti menceritakan keseruan atau kelucuan proses dibalik pembuatan konten video.

Hasil Konten Kreatif

Melalui pengalaman ini. Kami bangga atas hasil yang kami bantu kembangkan seperti, konten berjudul “3 Tren Bisnis FnB tahun 2023” dapat menarik suskses perhatian penonton.

Kami belajar betapa menariknya cara menyampaikan pesan melalui gambar, teks, dan video yang menyenangkan. Tidak hanya tentang produk atau edukasi, tapi juga tentang menyentuh perasaan dan menghubungkan dengan audiens.

#KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten 

Penulis: Andi Sudibyo
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI