4 Strategis Rahasia Pempek Ny Kamto

Pempek Ny Kamto
Dokumentasi Lokasi Pempek Ny Kamto (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Agar produk kita dapat dikenal tentunya kita harus melakukan pemasaran, kita dapat memasarkan produk dengan berbagai cara untuk menarik dan meningkatkan minat beli konsumen.

Selain meningkatkan minat beli konsumen pemasaran juga bermanfaat untuk membangun kepercayaan konsumen dan rekan bisnis.

Dalam dunia marketing tentunya sudah tak asing lagi dengan berbagai macam strategi pemasaran. Bauran pemasaran adalah salah satu strategi yang dapat kita terapkan sebagai pelaku usaha. Lalu apa itu Bauran Pemasaran?

Bacaan Lainnya

Kotler dan Armstrong (2014), bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran bahwa perusahaan memadukan untuk respon yang diinginkan dalam pasar sasaran.

Bauran pemasaran dapat dilakukan oleh organisasi dengan cara menganalisis semua aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan, peluncuran produk, promosi, lokasi pendistribusian produk, dan penetapan harga dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen serta mencapai tujuan suatu organisasi.

Ternyata inilah rahasia yang dimiliki Pempek Ny Kamto Kuliner Legendaris Yogyakarta, dengan menerapkan bauran pemasaran produknya berhasil dikenal di Yogyakarta hingga ke beberapa kota lainnya. Pempek Ny Kamto berdiri pada 9 Mei tahun 1984 dan masih eksis sampai saat ini.

Pempek Ny Kamto awal mula diproduksi oleh Ibu Hells Pertiwi Roeswati yang bertempat di Jalan Beskalan No. 3 Yogyakarta. Dengan memanfaatkan ruang tamu berukuran 3×3 dalam proses transaksi pada saat itu, kini Pempek Ny Kamto memiliki beberapa cabang di kota besar.

Adapun strategi Pempek Ny Kamto yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran 4P yang mencakup Product, Price, Place, dan Promotion. Berikut strategi yang dilakukan Pempek Ny Kamto :

Product (Produk)

Menurut Kotler (2010), mendefinisikan produk adalah setiap apa saja yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi kegiatan atau kebutuhan, ia meliputi benda fisik, jasa orang, tempat, organisasi, dan gagasan.

Produk diciptakan agar dapat ditawarkan untuk membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya serta mencapai tujuan suatu organisasi. Produk sendiri dapat berupa jasa, fisik, tempat, organisasi, gagasan atau ide.

Sesuai Namanya produk yang ditawarkan oleh Pempek Ny Kamto sendiri adalah makanan khas Palembang yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia yaitu Pempek.

Dalam produksinya Pempek Ny Kamto selalu memperhatikan bahan bakunya, dengan memilih bahan baku yang terbaik seperti pemilihan ikan tenggiri yang berkualitas hingga bahan baku lainnya serta menjaga kehigenisannya.

Dengan memilih bahan baku yang berkualitas produk dari Pempek Ny Kamto ini akan selalu terjaga cita rasanya.

Produk yang dikeluarkan Pempek Ny Kamto juga beraneka ragam diantaranya : Selam, Model, Lenjer, Tekwan, Kulit, Paket Mini, Otak-otak, Mie Celor, Tahu, Bulat, Pastel, Keriting, Mie Laksan, Selam kecil, Selam Premium, Lenggang, Lenggang Panggang, Ekstra Toping, dan Es Kacang Merah.

Konsumen dapat dimanjakan dengan banyak pilihan produk tersebut, hal ini memudahkan konsumen untuk memiliki beberapa produk didalam satu gerai saja. Tidak usah khawatir bagi para konsumen yang suka menyimpan stok camilan, kini Pempek Ny Kamto telah memproduksi Vacuum Pack.

Adanya Vacuum Pack ini memudahkan konsumen untuk menyantapnya kapanpun konsumen mau dengan kualitas yang tetap terjaga, bahkan dapat dijadikan sebagai buah tangan.

Price (Harga)

Assauri (2018) menyatakan bahwa harga merupakan satu-satunya unsur-unsur marketing mix yang menghasilkan pendapatan penjualan, sedangkan unsur lainnya hanya unsur biaya saja.

Harga merupakan sejumlah nilai yang bakal konsumen gunakan untuk menukarkan hak kemilikan. Organisasi dapat melakukan penentuan harga pada suatu produk hingga metode pembayaran sesuai dengan kualitas serta kebutuhan konsumennya.

Harga yang dikeluarkan Pempek Ny Kamto cukup terjangkau dengan kualitas produk yang selalu terjaga cita rasanya.

Harga yang dipatok juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap konsumennya dengan adanya paket produk, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Kisaran harga yang dikeluarkan Pempek Ny Kamto yaitu:

Pembayaran dapat dilakukan secara online maupun offline, untuk online konsumen dapat menggunakan ShopeePay, GoPay, dll. Untuk offline dapat dilakukan secara langsung pada gerai Pempek Ny Kamto yang konsumen kunjungi.

Place (Lokasi)

(Amilia & Novianti, 2016), menyatakan bahwa lokasi merupakan gabungan dari unsur saluran distribusi, lokasi, dan keputusan pembelian konsumen, ketiganya berkaitan dengan bagaimana produk yang dijualnya sampai kepada konsumen.

Dengan menentukan tempat yang strategis dan mudah dijangkau akan memudahkan organisasi dalam kegitan penyampaian produk ke tangan konsumen.

Penyediaan lokasi yang pas membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembelian sehingga organisasi dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara maksimal.

Kini gerai Pempek Ny Kamto sudah terdapat dibeberapa kota besar diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Bandung, Surabaya, dan Magelang.

Dengan membuka beberapa gerai di tiap kota, konsumen tidak perlu bersusah payah untuk menyantap produk dari Pempek Ny Kamto. Biasanya gerai Pempek Ny Kamto terdapat di wilayah yang dapat dijangkau oleh masyarakat, konsumen pun mudah dalam mengakses.

Lokasi Pempek Ny Kamto sendiri selalu menjaga kebersihannya, apalagi dengan desain yang elegant membuat karyawan dan pembeli selalu merasa nyaman.

Promotion (Promosi)

Philip dan Kotler (2019), mendefinisikan promosi sebagai kegiatan atau aktivitas mengkomunikasikan atau memberikan informasi mengenai keunggulan suatu produk dalam rangka mempengaruhi target pasarnya agar membeli produk tersebut.

Dengan menguraikan keunggulan dan kualitas pada produk akan membantu calon konsumen untuk mengetahui lebih dalam tentang produk dan manfaat produk tersebut hingga membantu konsumen memiliki produk yang berkualitas.

Pada strategi promosi Pempek Ny Kamto menggunakan beberapa cara seperti melalui media sosial yang selalu memberikan update mengenai produk Pempek Ny Kamto dengan menggunakan pamflet maupun konten video.

Tak hanya itu, konten yang diberikan pun selaras dengan apa yang terjadi saat kini juga, mengingat dunia maya yang sangat dinamis namun Pempek Ny Kamto dapat menyesuaikannya dengan baik.

Selain menggunakan media sosial Pempek Ny Kamto juga memberikan diskon dibeberapa waktu, sama seperti di media sosial Pempek Ny Kamto juga memberikan diskon disetiap hari special.

Kemudian bekerjasama dengan Shopee Food, Grab Food, dan Go-Jek produk Pempek Ny Kamto dapat dikenal dan konsumen sangat mudah untuk mengakses. Dengan teknologi tersebut Pempek Ny Kamto semakin memanjakan konsumennya.

Terimakasih

Penulis: Salwa Fitri Ramadhani
Mahasiswi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Referensi:

A Manumpil, L Mananeke and …, “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado”, Jurnal EMBA: Jurnal … (ejournal.unsrat.ac.id, 2021), https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/36007

HT Atala, “BAURAN PEMASARAN PADA MIE KOBAK CIKAMPEK”, ECONEUR (Journal of Economics and … (econeur.polteksmi.ac.id, 2023), https://econeur.polteksmi.ac.id/index.php/econeur/article/view/51

AP Hatnaningtiyas and S Subari, “Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dine in di “MANA KOPI” Sidoarjo”, AGRISCIENCE (journal.trunojoyo.ac.id, 2022), https://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience/article/view/15536

Y Meilda, I Hamdani and …, “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan”, El-Mal: Jurnal Kajian … (journal.laaroiba.ac.id, 2022), https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmal/article/view/802

https://instagram.com/pempek_nykamto?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI