Adem dan Hemat Energi! Kos-kosan Mahasiswa Ini Punya Solusi Dahsyat Atasi Pemanasan Global! Simak Rahasianya di Sini!

Kos-kosan Mahasiswa Punya Solusi Dahsyat Atasi Pemanasan Global
Kos-kosan Mahasiswa Punya Solusi Dahsyat Atasi Pemanasan Global (Sumber: Penulis)

Pemanasan Global

Bandung – Pemanasan global menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang signifikan. Terperangkapnya udara panas menciptakan konsekuensi berantai, termasuk perubahan drastis dalam pola cuaca dan kenaikan suhu secara keseluruhan.

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia merasakan dampak negatif tersebut secara langsung. Sebagai penghuni indekos, mereka sering menghadapi ketidaknyamanan, termasuk merasa kegerahan karena pemanasan global.

Tidak jarang mereka mendengar keluhan serupa dari rekan penghuni lain. Sebagai respons terhadap masalah ini, kelompok mahasiswa ini mengambil inisiatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Mereka memilih solusi inovatif dengan menggunakan cat reflektif surya BeCool, sebagai langkah konkret untuk mengurangi dampak negatif dari pemanasan global.

Penghuni Indekos Kegerahan

Kami mendengar bahwa penghuni indekos merasa kegerahan dan kepanasan akibat dari terjadinya perubahan iklim yang signifikan, setelah mendengar hal tersebut dengan didukung oleh program MBKM, kami berinisiatif untuk menawarkan bantuan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat  untuk membuat kondisi indekos menjadi lebih dingin menggunakan cat reflektif BeCool yang nantinya akan diaplikasikan di atas atap indekos itu,” ungkap Rayhan dan Teman-temannya.

Pelaksanaan Kegiatan

Salah satu indekos di Gegerkalong Girang menjadi objek utama dilaksanakannya kegiatan ini. Dengan mengangkat tema “Aksi Kolaboratif Edukasi Perubahan Iklim” sekelompok mahasiswa ini melaksanakan aksinya.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 sampai dengan 9 Januari 2023 dengan melakukan beberapa tahapan mulai dari tahap persiapan, pembersihan atap yang akan dicat, dan kemudian melakukan pengukuran suhu di dalam dan luar ruangan sebelum dan sesudah pengaplikasian cat reflektif.

Atap indekos yang dicat bermaterial beton dengan luas 6 m2. Suhu diukur menggunakan alat pengukur suhu permukaan, mulai dari terbit hingga tenggelamnya matahari dengan titik pengukuran diletakan di dalam kamar, luar kamar, dan rooftop indekos. Selain pengukuran suhu permukaan, dilakukan juga pengukuran suhu ruangan, kelembapan, serta kecepatan angin pada masing-masing titik pengukuran.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Kos Lebih Adem, Mahasiswa Lebih Nyaman!

Pengabdian Masyarakat ini memberikan dampak positif bagi kami penghuni kos yang ada di Gegerkalong Girang ini, Seperti yang diungkapkan oleh salah satu penghuni indekos.

Sumber: Dokumentasi Penulis

“Semoga kegiatan ini bisa membuat ruangan kosan kami menjadi lebih nyaman dan adem. Semoga juga kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan terhadap kosan kami saja, tetapi juga bisa dilakukan di kos-kosan yang lainnya juga,” ujar penghuni indekos.

 

Penulis:

  1. Ihsan Nurul Mahfudz
  2. Mawar Zahratun Jannah
  3. Muhammad Rayhan Putra
  4. Noor Saleh

Mahasiswa S1-Arsitektur, Universitas Pendidikan Indonesia

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI