Tentang Kami

Mahasiswa adalah sekelompok pemuda yang berpendidikan tinggi dalam sistem pendidikan nasional. Mahasiswa adalah pemuda yang masih belajar dan mempunyai banyak cita-cita, harus bertindak sesuai dengan wujudnya. Karena itu, mahasiswa harus berani untuk berterus terang, walaupun ada kemungkinan akan salah tindak. Lebih baik bertindak keliru daripada tidak bertindak karena takut salah. Karena dalam setiap tindakan, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran.

Mahasiswa Indonesia merupakan sekelompok kaum cerdik pandai yang memiliki khazanah pemikiran dan memiliki integritas sebagai modal dalam melanjutkan tongkat estafet kebhinekaan dan kepemimpinan nasional. Modal tersebut adalah bagian yang terinternalisasi dan tidak dapat dipisahkan dalam pola fikir dan pola tindak dari kaum cerdik pandai. Dengan modal tersebut, Mahasiswa Indonesia merupakan aset terbesar Bangsa Indonesia dalam mempertinggi derajat rakyat dan negara Indonesia.

Dalam pergerakannya, mahasiswa mempunyai karakter moral yang jelas, hitam-putih; benar-benar, salah-salah tidak ada area abu-abu. Mahasiswa jangan takut dalam menyatakan kebenaran karena bebas dari kepentingan apapun. Kalau benar, katakan benar dan kalau salah, Anda katakan salah. Dalam realita kontemporer, mahasiswa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia tak bisa menghindari merebaknya kemajuan teknologi. Suatu hasil cipta karya manusia dalam era modern. Di sisi lain teknologi dapat berefek negatif dan di sisi lain bisa menjadi hal yang positif, tergantung bagaimana sikap dan tindakan dalam menyambut era modern ini.

Era modern adalah suatu era yang ditandai dengan kemajuan informasi, dengan komputer sebagai simbol yang menandai era tersebut. Era modern merupakan era di mana manusia dituntut untuk menguasai informasi secara up to date. Di era modern juga ditandai dengan berkembang pesat jaringan internet. Sebuah paradigma baru yang menandai era tersebut. Paradigma itu adalah siapa yang menguasai informasi maka dia yang akan menguasai dunia. Pernyataan tersebut menjadi semboyan komunikasi dalam era modern. Dan mahasiswa yang hidup di tengah pusaran perkembangan ilmu pengetahuan harus memanfaatkan hal itu demi kemajuan bangsa.

Mahasiswa Indonesia sebagai kekuatan pembaharuan dalam struktur sosial, dituntut untuk selalu mengetahui setiap detik informasi yang terjadi dan berkembang dalam masyarakat. Hal ini menjadi penting, mengingat setiap detik perkembangan informasi yang terjadi baik di dalam negeri maupun di luar negeri perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Informasi-informasi tersebut dapat menunjang perkembangan masyarakat. Jadi proses tersebutlah yang dinamakan proses transformation of knowledge. Mahasiswa perlu mengetahui itu untuk dijadikan modal dalam berfikir dan bertindak.

Saat ini, transformation of knowledge, proses pertukaran pengetahuan adalah suatu hal yang pasti terjadi. Atas dasar itulah segala aktivitas kemahasiswaan, kumpulan ide dan gagasan, serta hasil penelitian wajib untuk dikabarkan kepada khalayak ramai. Hal itu penting mengingat bahwa hasil pemikiran dan hasil penelitian wajib hukumnya untuk dikabarkan sebagai kabar gembira buat bangsa. Suatu kabar baik di tengah krisis kekeringan ide-ide progresif-revolusioner di negeri kita ini. Dan sebuah kabar yang dapat membuat semua orang bisa belajar mencari yang terbaik dari yang sudah baik.

Menulis dan membaca adalah simbol sebuah masyarakat dikatakan maju atau tidak, bila persentase membaca dan menulis rendah, berarti dapat disimpulkan daerah itu tidak maju. Begitupun sebaliknya, akan dinilai maju bila presentasenya tinggi. Ada juga hubungan yang unik antara tulisan atau bacaan dengan tindakan-tindakan yang dilakukan. Bila para mahasiswa telah terbiasa menulis sebuah kebaikan maka perbuatan dan tindakan mereka juga akan menjadi baik. Maka dari itu, kami sadar, bahwa mendidik atau mewadahi mahasiswa untuk menulis dan membaca sama dengan mendidik perilaku-perilaku kaum muda untuk memegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa ke depan. Media Mahasiswa Indonesia akan mengutamakan substansi dan bukan sekedar eksistensi.

Maka dengan itu, sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya sebagai kaum minority creative, yang juga mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia, sepakat mendirikan Media Mahasiswa Indonesia. Media ini diharapakan mewadahi segala aspirasi dan gagasan mahasiswa yang lahir di tanah Indonesia — yang berada di dalam dan luar negeri. Menimbang kemajuan teknologi dan seperti selayaknya mahasiswa yang tak memiliki dana besar untuk mendirikan media konvensional, maka Media ini untuk sementara disajikan dalam bentuk online dengan alamat www.mahasiswa-indonesia.com. Media ini diharapkan mampu mengakomodasi seluruh mahasiswa apapun bentuk, minat, bakat dan prodi mereka. Selain itu, media ini juga bertujuan untuk memupuk semangat dan kemampuan jurnalistik mahasiswa sejak dini. Karena “Menulis dapat menjaga sikap dan tindakan seseorang.”

Portal web ini merupakan media website yang di dalamnya terdiri atas berbagai konten — yang kami sajikan dalam bentuk rubrik, yakni:

Berita
Rubrik Berita berisi dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia mahasiswa, baik bersifat internasional, nasional, dan lokal. Berita juga berisi Rilis Kegiatan Organisasi Mahasiswa dan kampus.

Opini
Rubrik Opini dan Esai, berisi tentang gagasan, aspirasi dan lainnya dari mahasiswa entah itu berbentuk opini atau esai.

Sastra
Rubrik Sastra berisi karya-karya sastra berupa: puisi, cerpen, sajak, novel bersambung, dan atau jenis-jenis karya sastra lainnya.

Mahasiswi
Rubrik Mahasiswi di sini lebih diarahkan pada tulisan — yang apapun bentuknya — yang berkaitan tentang keperempuanan. Rubrik ini dipertimbangkan oleh redaksi karena Media Mahasiswa Indonesia percaya bahwa perbaikan pola pikir dan perilaku perempuan hari ini, akan sangat berpengaruh pada nasib Bangsa Indonesia ke depan.

Akademik
Rubrik Akdemik berisi tentang hal-hal yang menyangkut akademik, seperti tugas kuliah, materi, jurnal ilmiah, info beasiswa, dan resensi buku. Ini kami sajikan untuk memperbudah litertur bagi mahasiswa dimanapun berada. Semua mahasiswa bisa berbagi pengetahuan di sini.

Karya Kreatif
Rubrik Karya Kreatif berisi tulisan tentang karya kreatifitas mahasiswa, baik di bidang seni (film, musik, teater, lukis, gambar, dll) dan atau karya-karya penemuan mahasiswa di bidang apapun.

Jalan Pintar
Rubrik Jalan Pintar, berisi artikel tentang Tips dan Trik dalam dunia mahasiswa. Dari soal-soal kecil hingga soal-soal besar yang dapat diselesaikan dengan Tips dan Trik yang disediakan rubrik ini.

Ngampus
Rubrik Ngampus berisi hal-hal unik seputar kehidupan kampus. Rubrik Ngampus dapat berupa hal-hal lucu, serius, santai, menyakitkan dan sebagainya. Mahasiswa Indonesia bisa berbagi hal-hal uniknya.

Catatan Perjalanan
Rubrik Catatan Perjalanan berisi tentang catatan pengalaman mahasiswa dalam mengunjungi sebuah tempat, baik gunung, laut, goa, tempat-tempat unik, kota-kota, luar negeri, apapun itu. Rubrik ini diharapkan dapat menjadi petunjuk mahasiswa yang lain yang mungkin akan datang ke tempat yang sama atau tempat sejenis.

Lipsus DalaMI
Rubrik Lipsus DalaMI, atau yang biasa disebut Liputan Khusus, Investigasi, dan Reportase khusus ini akan berisi sebuah analisa mendalam pada kehidupan mahasiswa yang belum terungkap atau masih minim informasinya, yang akan disajikan dengan tema berganti setiap waktu. Rubrik ini diharapkan dapat menjadi bacaan menarik bagi teman-teman mahasiswa seluruh Indonesia.
Berbagai rubrik di atas dapat berisi tulisan dari seluruh mahasiswa Indonesia atau dari Redaksi, Koresponden dan Kontributor Media Mahasiswa Indonesia. Sekali lagi, Media ini diharapkan dapat menjadi tempat tersalurkannya gagasan dari seluruh mahasiswa, apapun bentuk, minat, dan bakatnya. Hal ini menjadi awalan, selanjutnya akan kami usahakan berkembang sesuai dengan kemajuan dan cara pandang kami terhadap momentum dan kemungkinan

Kami juga berharap dengan adanya wadah portal web www.mahasiswaindonesia.id ini, dapat melatih mahasiswa untuk menulis dengan baik dan tentunya secara tidak disadari akan mengajak mahasiswa untuk rajin membaca. Dan kami percaya, dari informasi-informasi yang nyata dan tak membohongi pembaca, di suatu hari nanti Indonesia dapat menjadi bangsa yang kuat dan maju.

Sebagai penutup, bahwa hadirnya media ini sebagai penyambung titik dari titik titik yang berhenti. dari titik titik perjuangan yang mati, yang hilang.

Perjuangan untuk hadir menyambung titik ini kami bangun dengan semangat sukarela, tanpa dana dari siapapun kecuali dari kantong kami sendiri. Sehingga, menulis di Mahasiswa Indonesia kami sebut dengan menulis dengan sukarela, sukarela untuk perjuangan menuju peradaban yang paripurna. Kedepannya, kami akan selalu menjaga independensi Media ini, karena kami (Mahasiswa) tak bisa dibeli dengan uang! Mari saling mengawasi dan mengingatkan.
Tak ada perjuangan yang tuntas tanpa dukungan. Maka dari itu kami berharap dukungan semua pihak untuk kesuksesan usaha kita.

Hidup Mahasiswa!
Jayalah Indonesiaku!
…. Hadir Menyambung Titik!