Analisis Pengendalian Internal Penjualan pada PT Mitra Krakatau Propertindo

Akuntansi
Ilustrasi: istockphoto

Penjualan adalah aktivitas perusahaan yang memberikan laba bagi perusahaan sehingga dalam kegiatan penjualan pun harus mempunyai strategi yang mampu menarik minat konsumen terlebih perusahaan yang bergerak di bidang properti di mana perkembangan zaman sangat berpengaruh terhadap minat konsumen.

Untuk itu diperlukan sistem akuntansi penjualan yang dirancang untuk memberikan pengawasan terhadap aktivitas penjualan yang berfungsi untuk mengontrol aktivitas penjualan perusahaan yang efektif dan efisien.

PT Mitra Krakatau Propertindo menjunjung tinggi nilai integritas dan nilai etika. Dalam perusahaan setiap devisi memiliki keterkaitan yang erat antara devisi satu dengan devisi lainnya dalam hal tersebut struktur organisasi perusahaan PT Mitra Krakatau Propertindo telah menetapkan tugas, tanggung jawab serta wewenang fungsional, devisi yang terkait dalam proses penjualan yaitu, devisi marketing, devisi financial & accounting, devisi legal, pimpinan perusahaan yang bertugas mengontrol seluruh proses lingkungan pengendalian penjualan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Berdasarkan hasil perhitungan risiko kerugian yang bisa terjadi pada PT Mitra Krakatau Propertindo yaitu mengenai pembatalan proses sistem penjualan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang dikontrol dengan sistem komputerisasi yaitu program MKP GO hal tersebut pihak head accounting harus menghitung biaya-biaya administrasi dalam proses penjualan sistem KPR sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian.

Aktivitas Pengendalian penjualan pada PT Mitra Krakatau Propertindo telah berjalan sesuai dengan ketetapan kebijakan perusahaan di mana menetapkan pemisahan tugas dan fungsi, perencanaan dan penggunaan dokumen serta kebijakan perusahaan dalam proses penjualan apabila konsumen tidak memiliki dokumen atau tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku maka tidak dapat diproses lebih lanjut.

Penulis: Rahmah Nuraini
Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI