KKN UNTAG Surabaya Usung Program “Pembuatan Lapak Online, Digitalisasi Pemasaran, dan Promosi Produk terhadap Pemilik UMKM”

Proses Pendampingan dengan Salah Satu Mitra Pelaku UMKM

Perkembangan teknologi sekarang yang semakin pesat tentunya sangat mempengaruhi juga dalam dunia perdagangan, yang awalnya kegiatan dagang hanya dilakukan melalui tatap mata antara penjual dan pembeli.

Dengan adanya perkembangan inilah timbul sebuah inovasi baru dalam dunia perdagangan, dari mulai pembuatan lapak, pemasaran, dan promosi semua bisa diakses melalui media online.

Adanya perkembangan di dunia perdagangan bagi pemilik UMKM ketika menjual produknya tidak berpacu hanya melalui penjualan secara offline saja, melainkan penjualan dengan sistem secara online bisa menjadi keuntungan tambahan pemasukan bagi pemilik UMKM.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: KKN UNTAG: Bantu Pembekalan Kewirausahawan, Siswa Sekolah Dasar Jadi Sasaran

Banyak aplikasi media online mewadahi bagi pelaku UMKM untuk membuat lapak, memasarkan, dan mempromosikan produknya dengan tujuan agar produk UMKM bisa digapai secara mudah bagi pembeli di mana saja tanpa harus melakukan kontak secara langsung dengan penjual.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 2022 turut andil menyikapi adanya sebuah perkembangan di dalam dunia perdagangan, dengan mengadakan program Kuliah Kerja Nyata regular secara individu.

Diselenggarakan tanggal 1 Juni sampai 12 Juni yang bertempat di Kelurahan Sekardangan Kecamatan Sidoarjo tepatnya di RT 02/RW 01 dengan tema kegiatan digitalisasi UMKM. Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam kegiatan KKN ini dituntut untuk melakukan sebuah pendampingan terhadap pelaku UMKM warga Sekardangan.

Bahwasannya pelaku UMKM warga Sekardangan mempunyai permasalahan dalam menyikapi perkembangan teknologi dunia perdagangan dengan masih menerapkan proses jual beli secara tatap muka.

Oleh sebab itu mahasiswa UNTAG Surabaya atas persetujuan pihak kampus melalui program KKN bisa membantu mengatasi permasalahan yang ada pada pelaku UMKM warga Sekardangan di antaranya program kerja yaitu pembuatan lapak, pemasaran, serta promosi produk pelaku UMKM.

Baca Juga: Kenalkan Sejarah Kota Surabaya, Mahasiswa Untag Gelar Incentive Tour “Mlaku-Mlaku Suroboyo”

Masyarakat kelurahan Sekardangan mempunyai produk khas tersendiri yang juga merupakan makanan khas Sidoarjo yaitu petis udang, dengan berbahan dasar utama kepala udang kemudian diolah hingga menjadi produk yang bernama Petis Udang Sidoarjo.

Tujuan Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan pihak kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tentunya bisa mewujudkan kesejahteraan baru bagi pelaku UMKM yang berada di kelurahan sekardangan Kecamatan Sidoarjo.

Penulis: Irsyad Fachrudin
Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas 17 Agutus 1945 Surabaya

Editor: Ika Ayuni Lestari

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI