Pengaruh Komunikasi terhadap Individual

Komunikasi terhadap Individual
Ilustrasi Komunikasi (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Pengertian

Pengaruh komunikasi terhadap individual sendiri yang dimana seseorang yang tidak dapat lepas pada saat berinteraksi dengan seseorang (individual) lainnya dan berikut dapat bisa kita diuraikan apa yang dimana bisa menjadi dampak komunikasi terhadap berbagai aspek.

Komunikasi yang amat sangat erat yang dapat dikaitkan dengan adanya suatu perilaku dan pengalaman kesadaran manusia dan komunikasi merupakan aktivitas paling esensial dalam kehidupan manusia.

Pengaruh komunikasi terhadap individual itu sendiri ada 3 yaitu pesan komunikasi, pesan dari media maupun adanya komunikasi dari massa dan adapun efek dari pengaruh komunikasi terhadap individual itu sendiri yaitu efektif dan afektif, karakteristiknya pun predisposisi individual.

Bacaan Lainnya

Faktor Identifikasi

Pengaruh komunikasi yaitu:

1. Pengaruh Komunikasi Individual

Dalam pengaruh komunikasi individual ini terdapat tiga (3) hubungan yaitu:

a. Pesan melalui komunikasi akan memperkuat pola-pola yang sedang berlaku dan memandu untuk percaya bahwa suatu bentuk sosial tertentu tengah dibina oleh masyarakat.

b. Media melalui komunikasi dapat menciptakan adanya keyakinan baru mengenai hal-hal dimana khalayak sedikit dan  banyaknya  telah memiliki adanya pengalaman sebelumnya.

c. Komunikasi melalui massa dapat mengubah nama yang telah berlaku dan karenanya mengubah khalayak dari suatu bentuk perilaku menjadi perilaku yang lain.

2. Efek Komunikasi Massa terhadap Individu

a. Efek Komunikasi secara Epektif

Efek komunikasi efektif adalah akibat yang dittimbulkan pada diri komunikan yang bersifatnya informatif  bagi dirinya sendiri.

Dalam efek komunikasi efektif ini sendiri yang akan dibahas tentang bagaimana media massa itu sendiri dapat membantu komunikan  dalam mempelajari informasi yang dapat bermanfaat serta bisa  mengembangkan keterampilan lebih kognitif.

Contoh adanya pengalaman saya sendiri yang beberapa waktu lalu ketika sedang adanya kasus yaitu pembegalan. Pada waktu akhir tahun 2020 yang dimana saya sedang menonton suatu acara dan saya melihat adanya banyak aksi kejahatan pembegalan, dan hampir di seluruh wilayah.

Setelah melihat adanya pembegalan itu saya berfikir bahwa memang saat itu keadaan atau kondisi jalanan sedang tidak baik atau rawan adanya pembegalan.

Adanya media massa yang melaporkan dunia nyata secara dengam selektif, maka dari itu tentu media massa yang akan mempengaruhi pembentukan tentang dilingkungan sosial itu sendiri yang dan tidak cermat dan tidak baik.

Efek komunikasi seacra efektif itu sendiri adalah bagaimana media massa memberikan manfaat yang dapat dikehendaki oleh masyarakat. Bila televisi menyebabkan kita lebih mengerti tentang bahasa Indonesia yang baik  benar, maka televisi telah menimbulkan efek prososial kognitif

b. Efek Komunikasi secara Apektif

Tujuan dari komunikasi individual  bukan sekedar memberitahu tentang sesuatu, akan tetapi lebih dari itu, sehingga yang dapat diharapkan dapat ikut merasakan bagaimana perasaan yang sedang bersedih serta perasaan gembira adanya.

Kegembiraan juga tidak hanya dapat diukur dengan tertawa dengan keras ketika saat menyaksikan adegan lucu. telah berhasil menemukan adanya faktor yang dapat bisa mempengaruhi intensitas rangsangan emosional pesan dari media massa. Adapun karateristik yang mempengaruhi komunikasi terhadap individual, yaitu:

1) Disposisi secara Individual

Mengacu pada karakteristik khas individu yang dimana orang yang periang akan senang bila melihat adegan-adegan lucu atau film komedi daripada orang yang melankolis.

2) Faktor yang secara Identifikasi

Contoh dari pengalaman saya sendiri adalah ketika saya kemarin bermain bulu tangkis dengan kawan saya, yang dimana didalam pertandingan tersebut saya yang memenangkan pertandingan tersebut saya ikut senang dan bahagia akan hal itu.

Penutup

Kesimpulan

Komunikasi individu yang bertujuan menggabungkan adanya komunikasi antar satu mahluk dengan makhluk yang lainnya dan dengan adanya pengaruh komunikasi terhadap individual sendiri yang dimana banyak makhluk sosial yang tidak dapat lepas dari saat berinteraksi dengan sesama mahluk sosial lainnya.

Berikut akan diuraikan apa yang menjadi dampak komunikasi terhadap berbagai aspek komunikasi yang amat sangat erat yang dikaitkan dengan adanya perilaku dan pengalaman kesadaran manusia dan komunikasi merupakan aktivitas paling esensial dalam kehidupan manusia.

Pengaruh komunikasi terhadap individual itu sendiri ada 3 yaitu pesan komunikasi, pesan dari media maupun  adanya komunikasi dari massa dan adapun efek dari pengaruh komunikasi terhadap individual itu sendiri yaitu efektif dan afektif.

Karakteristiknya pun predisposisi individual faktor identifikasi adalah komunikasi yang bertujuan memberikan informasi kepada setiap individu, tidak terbatas dengan jarak dan waktu. Salah satu cara komunikasi masa adalah media masa baik secara cetak maupun digital.

Komunikasi dapat berdampak pada pemikiran individual kelompok serta masyarakat. Seperti dapat  merubah pandangan terhadap suatu masalah. Perubahan pemikiran tergantung dari budaya, sosial serta individual dan dapat berdampak pada komunikasi tersebut tidak bisa dianggap secara hal biasa.

Banyak dari kalangan masyarakat,dan kelompok bahkan individual  yang sangat terpenganruh akan dampak dari kominikasi yang ada. Dampak tersebut adalah dampak yang baik begitupun juga adanya dampak yang tidak bagus.

Bagaimana secara individu kita harus pintar dalam mengunakan pada saat komunikasi dan mengusahakan agar bisa selalu mengambil dampak yang positif dari komunikasi tersebut agar selalu dapat mengupaakan agar dapat terhindar dari dampak komunikasi yang buruk dan tidak baik.

Penulis: Muhamad Rifai
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI