Pentingnya Menentukan Customer Persona, Sebelum Memulai Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran
Pemetaan Customer Persona (Sumber: Penulis)

Costumer persona adalah representasi fiksi dari pelanggan yang ideal. Berdasarkan penelitian dan data, costumer persona membantu perusahaan dalam memprioritaskan waktu mereka dan berfokus pada prospek berkualitas tinggi.

Costumer persona berperan penting dalam pengembangan produk yang memenuhi kebutuhan target pelanggan dan menyelaraskan dengan semua proses operasional dalam organisasi, mulai dari pemasaran dan penjualan hingga layanan pelanggan.

Costumer persona diidentifikasi dari demografi (usia, jenis kelamin, lokasi), pekerjaan, pendidikan, minat, dan kebutuhan.

Bacaan Lainnya

Costumer persona digunakan oleh perusahaan sebagai panduan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Dengan memahami siapa pelanggan yang ideal, perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan produknya agar lebih relevan dan menarik bagi target pasar.

Dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang costumer persona, perusahaan dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan memuaskan.

Identifikasi Target Pasar

Sebelum memulai strategi pemasaran, penting bagi pemilik bisnis menentukan terlebih dahulu profil target pelanggan.

Langkah kunci dalam mengembangkan strategi pasar adalah mengidentifikasi target pasar yang berbeda pada pengembangan produk awal.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan pelanggan potensial mereka dan menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan mereka.

Pertama, kenali target pelanggan Anda. Misalnya, jika kita memasarkan rangkaian perawatan kulit anti-penuaan untuk wanita, target audiens kita terdiri dari wanita dalam kelompok usia 35 hingga 60 tahun.

Namun apabila kita memasarkan jasa pembersih kaca di gedung tinggi maka target konsumen kita adalah pemilik gedung tinggi atau pengelola gedung tersebut. Semakin sempit target pasar, semakin tinggi kemungkinan kita untuk sukses di pasar tersebut.

Lokasi Bisnis

Selain mengetahui target pasar, lokasi pemasaran juga merupakan hal yang penting untuk bisnis karena untuk melakukan bisnis, pasti membutuhkan lokasi yang strategis untuk memasarkan produknya. Misalnya, jika target pasar kita adalah mahasiswa, maka lokasi bisnis kita dekat dengan kampus.

Begitu pun jika kita memiliki bisnis fashion, penting untuk memilih lokasi yang ada di pinggir jalan raya dan dekat dengan keramaian.

Semakin dekat lokasi kita dengan target pasar kita, semakin mudah calon konsumen menjangkau produk kita.

Tren dan Minat Pasar

Selain itu, yang tidak kalah penting dalam costumer persona adalah mengidentifikasi tren dan minat pasar. Penting bagi pemilik bisnis mengamati apa yang disukai oleh banyak orang.

Pada sebuah contoh, di sektor pariwisata saat ini simbol cinta, merupakan salah satu simbol yang banyak digunakan dalam mempromosikan bisnis mereka.

Maraknya simbol cinta di berbagai spot pariwisata menunjukan, banyaknya minat dan ketertarikan masyarakat terhadap spot foto dengan simbol cinta sebagai daya tarik yang kuat.

Banyak destinasi wisata yang memanfaatkan simbol cinta sebagai salah satu daya tarik utama. Simbol cinta tidak hanya digunakan dalam spot foto, tetapi juga dalam dekorasi, merchandise, dan promosi lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa simbol cinta memiliki kekuatan dalam menarik perhatian dan meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat.

Dengan memanfaatkan simbol cinta sebagai strategi pemasaran, para pebisnis pariwisata dapat meningkatkan penjualan dan popularitas bisnis mereka.

Setelah mengidentifikasi target pasar, pemilik bisnis dapat memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar.

Dilansir dari beberapa sumber ada beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan, seperti mengamati strategi kompetitor, memetakan customer journey, menggunakan kemasan produk yang menarik, membuat foto produk yang unik, bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa pesan antar, dan menggunakan influencer atau orang yang berpengaruh.

Dalam strategi pemasaran, penting untuk mencanangkan langkah konkret pada setiap strategi yang disusun perusahaan agar strategi dapat dijalankan secara efektif dan efisien.

Penulis: Pungky Eka Ratnasari
Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi, President University

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI