Antusias Ibu-Ibu PKK dalam Mengikuti Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga yang Diadakan oleh Tim KKN Unnes 2019

Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Semarang (UNNES) 2019 di Desa Tempuran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung mengadakan sosialisasi tanaman obat keluarga (TOGA) kepada ibu-ibu PKK di desa Tempuran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung.

Sosialisasi tersebut bertempat di Aula Balai Desa Tempuran, Jum’at (18/10/2019).

Diadakannya sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) oleh mahasiswa KKN UNNES Tahap II B karena diperlukannya alternatif pengobatan yang dapat dilakukan secara mandiri dan menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat. Selain itu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) juga memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Bacaan Lainnya
DONASI

Tim KKN Unnes mengajak ibu ibu PKK di desa Tempuran untuk ikut serta dalam menanamkan jiwa yang mandiri serta peduli akan kesehatan pada masyarakat Desa Tempuran.

Acara yang diikuti oleh ibu ibu PKK tersebut dimulai pukul 13.00 WIB. Antusias ibu ibu PKK untuk mengikuti Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sangat luar biasa, dilihat dari banyaknya ibu-ibu PKK yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Diawali dengan pemaparan materi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga oleh mahasiswa KKN Unnes Cannystia Safitri, Mahasiswa jurusan PGSD ini memberikan pemahaman peserta mengenai kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan serta kesehatan melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Setelah adanya pemaparan materimengenai Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dilanjutkan dengan pendemosntrasian cara menanam Tanaman Obat Keluarga. Selain itu ditayangkan juga video engenai pemanfaatan lahan pekarangan dan contoh taman TOGA sebagai taman dasawisma, yang diharapkan setelah pemutaran video tersebut masyarakat termotivasi untuk memanfaatkan lahan pekarangannya untuk membuat taman TOGA

Pada Sosialisasi tersebut Mahasiswa KKN membagikan Booklet “Tanaman Obat Keluarga” yang disusun oleh tim KKN Unnes Desa Tempuran.

TIM KKN Unnes berharap kegiatan ini dapat berkonstribusi besar bagi masyarakat dalam memanfaatkan memanfaatkan lahan pekarangan untuk membuat taman TOGA yang bertujuan membantu masyarakat meningkatkan derajat kesehatan secara sederhana serta sebagai alternatif pengobatan mandiri untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

Aisyah Muthiah dan Alna Shrofiah

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI