Kajian Fikih Wanita Masjid Ar-Ridho Kembali Digelar Berkat KKN UAD

Kajian Fiqih Wanita Masjid Ar-Ridho
Dokumentasi Kajian Fiqih Wanita Masjid Ar-Ridho KKN UAD (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 89 Unit II.A.3 dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menghidupkan kegiatan keagamaan yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19 di RW 03, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Setelah tiga tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, kehidupan religius di Masjid A-Ridho kembali bergema. Salah satunya kegiatan keagamaan Kajian Fiqih Wanita yang kembali digelar oleh KKN Unit II.A.3 UAD.

Penanggung jawab kegiatan keagamaan KKN Alternatif UAD Unit II.A.3, Yulia Luthfiyani Azizah mengatakan, kegiatan ini dihidupkan kembali atas usul dari ketua RW 03 dan ketika survei di lapangan, warga RW 03 Wirogunan khususnya Ranting Aisyiah Wirogunan terlihat antusias terhadap kegiatan keagamaan ini.

“Kami selaku mahasiswa dari universitas yang berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah melihat ketua RW 03 yang antusias ingin menghidupkan kembali Kajian Fiqih Wanita merasa tergugah dan memiliki rencana untuk menghidupkan kembali kajian tersebut dengan mengundang pemateri dari LPSI UAD langsung” tuturnya.

Oleh karena itu, Jamaah Masjid Ar-Ridho bersama KKN unit II.A.3 UAD mengambil langkah berani untuk kembali menggelar Kajian Fiqih Wanita. KKN unit II.A.3 bekerja sama dengan mengundang ustadzah dari LPSI UAD yaitu Ustadzah Dra. Nurmahni, M. Ag. untuk mengisi materi Kajian Fiqih Wanita di Masjid Ar-Ridho pada Jum’at Pahing (17/11/2023).

Tema yang diangkat dalam kajian perdana pasca pandemi membahas tentang “Adabul Mar’ah atau Kajian Sosial Perempuan”.

Kajian ini menjadi ruang bagi para muslimah untuk merenungkan pengalaman mereka dan menemukan perspektif baru dalam menjalankan kehidupan sesuai syariat Islam dan adab-adab sebagai perempuan. Selain pembahasan materi yang aktual, kembalinya Kajian Fiqih Wanita di Masjid Ar-Ridho menguatkan silaturahmi antar jamaah.

Keberhasilan penyelenggaraan kembali Kajian Fiqih Wanita di Masjid Ar-Ridho menjadi secercah harapan bagi kehidupan religius Ranting Aisyiah Wirogunan. Ibu Nining selaku Ketua Ranting Aisyiah Wirogunan menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa KKN UAD karena telah menghidupkan kembali kajian tersebut.

“Alhamdulillah untuk Kajian Fiqih Wanita akan kami lanjutkan mulai Jum’at tanggal 22 Desember mba, Terimakasih banyak untuk bantuannya kemarin ya mba, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa membukakan pintu kesuksesan untuk kalian semua” tuturnya.

Ini menunjukkan bahwa semangat untuk menimba ilmu dan mempererat ukhuwah Islamiyah tidak akan pernah padam, meski dihadapkan pada tantangan zaman. Semoga ini menjadi langkah awal bagi bangkitnya kembali kegiatan-kegiatan keagamaan yang membawa berkah bagi jamaah Masjid Ar-Ridho, khususnya bagi para muslimah yang haus akan ilmu dan ukhuwah.

 

Penulis: Alya Fatmasari
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI