Kamu Sering Sakit Kepala? Jangan Anggap Sepele, Simak Penjelasannya!

sakit kepala

Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Sakit kepala adalah gejala umum yang terjadi akibat berbagai kondisi, misalnya ketika anda kurang minum, telat makan, atau bahkan jika kita terlalu lama dibawah terik matahari bisa menyebabkan sakit kepala.

Akan tetapi bagaimana jika anda sering mengalami sakit kepala?ketahuilah berbagai kemungkinan penyakit sakit kepala dibawah ini!

Secara garis besar sakit kepala dapat disebabkan oleh sakit kepala itu sendiri, vertigo, migrain dan beberapa lainnya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Sakit Kepala

Kasus sakit kepala akibat tegang diderita oleh satu dari dua orang. Pada awalnya sakit kepala sering tampak biasa-biasa saja karena umumnya karena umumnya merupakan gejala penyakit ringan.

Sakit kepala tidak bisa disepelekan, bisa saja hal itu akibat suatu penyakit, apalagi sampai menggangu pekerjaan, tentu harus segera diobati.

Sakit kepala sebagian besar disebabkan oleh ketegangan otot leher disekitarnya. Terkadang terkait dengan kondisi lain, seperti sakit kronis pada leher dan punggung, pergeseran sendi, saraf, sampai radang sekitar sendi.

Vertigo

vertigo

Merupakan sakit yang berupa bentuk suatu sensasi seolah-olahbenda yang ada di sekeliling bergerak dan berputar atau diri sendiri yang berputar terhadap sekeliling hinga membuat orang tersebut mengalami gejala mual dan muntah serta kehilangan keseimbangan tubuh.

Vertigo sebenarnya hanyalah suatu gejala dan bukan merupakan penyakit. Ada dua jenis vertigo, yaitu verigo subjektif dan objektif. Disebut vertigo sebujektif bila penderita merasakan dirinya yang berputar-putar terhadap keadaan sekeliling, sedangkan vertigo objektif apabila penderita merasakan lingkungan sekitarnya yang berputar.

Migrain

migrain

Merupakan suatu bentuk sakit kepala yang cukup berat. Migrain diderita oleh satu dari sepuluh orang. Jika migrain menyerang, maka umumnya akan sangat mengganggu bahkan dapat menurunkan produktivitas orang tersebut dalam beraktivitas.

Migrain dapat mengganggu penderitanya berupa ketidakmampuan berpikir jernih, daya ingat menurun, hubungan keluarga dan kehidupan sosial terganggu, bahkan bisa bermasalah akibat sakit yang berlangsung lama.keadaan makin parah bila dampaknya berlanjut berupa rasa lelah, frustasi, dan depresi bersama timbulnya insomnia (gangguan tidur).

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kondisi ini bisa menimbulkan kecacatan tubuh. Tidak banyak orang yang tau cara mengatasinya, mereka mengira hanya dengan minum obat sakit kpala atau tidur semuanya akan selesai, padahal tidak sesederhana ini.

Beberapa Kondisi Pemicu Sakit Kepala

1. Stres

Ketegangan psikis atau stress dapat membuat kita lebih mudah terangsang sakit kepala atau migrain yang disebut sakit kepaka fungsional atau tension headache.

2. Aktivitas fisik/olahraga berat

Aktivitas fisik atau olahraga yang terlalu berat bisa menimbulkan sakit kepala akibat pelebaran pembuluh darah di kepala dan leher yang menekan struktur jaringan disekitarnya.

3. Lapar

Sakit kepala uga dapat disebabkan oleh rasa lapar yang biasanya membuat gula darah turun.

4. Cuaca Panas

Suhu udara panas dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala berat akibat pelebaran pembuluh darah khususnya dikepala, dimana tekanan dikepala meningkat.

5. Wangi-wangian/aroma kuat

Bau tajam atau wangi-wangian kuat dan tajam seperti parfum, bau cat, bunga, dan asap sering menyebabkan sakit kepala. Hal ini diduga akibat aroma kuat dapat merangsang sistem saraf otak dan pembuluh darah.

Jenis-Jenis Sakit Kepala

1. Sakit Kepala Infeksi

Sakit kepla merupakan gejala awal dari suatu infeksi bakteri, virus dan lainnya. Sakit kepala ini umumnya diserai dengan gejala lain seperti demam atau panas badan, batuk ganguan saluran pencernaan, sakit pada otot dan sendi. Sakit kepala luas dan berat menjadi salah satu gejala penyakit meningitis atau radang selaput otak. Meningitis merupaka infeksi atau radang selaput otak dan sumsum tulang belakang (meningen). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit atau jamur. Meskipun beberapa kasus bisa sembuh dalam waktu cepat, tetapi banyak pula pasien meningitis yang tidak bisa tertolong.

2. Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Adalah tipe sakit kepala yang sering dialami. Mereka mengalaminya akan merasakan sakit kepala menetap di kedua bagian kepala, belakang mata atau terkadang leher.

3. Sakit Kepala di Belakang Mata

Sakit kepala dibelakng mata juga sangat umum terjadu, yang bisa menajadi gejala beberapa tipe sakit kepala lainnya, termasuk sakit kepala lainnya, termasuk sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, migrain atau masalah pada mata.

4. Sakit Kepala Otot Belakang Leher atau Kepala

Sakit kepala jenis inin biasanya disebabkan oleh postur tubuh yang salah.

5. Sakit Kepala Dehidrasi

Sakit kepala dehidrasi diakibatkan kurang minum. Dalam kondisi dehidrasi, otak akan berkontrksi sementara yang menimbulkan sakit kepala.

6. Sakit Kepala Cluster

Diperkirakan terkait dengan cedera kepala yang pernah dialami. Cermati kejadiannya, kapan mulai mengalaminya, berapa lama dan  jenis rasa sakit yang dialami.

Penulis: Amalia Putri
Mahasiswa Universitas Binawan Prodi Keperawatan

Dosen pengampu: Apriyani Riyanti, S.Pd, M.Pd.

Daftar Pustaka

dr. Iskandar Junaidi (2021). Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala, Yogyakarta: Rapha Publishing. Retrived From https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=jKlNEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=sakit+kepala&ots=XeP88huthY&sig=W4H4IGte2KhVhCwqmreccT1eyjY&redir_esc=y#v=onepage&q=sakit%20kepala&f=false

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI