Kemiskinan Menjadi Penghambat Pertumbuhan Ekonomi

Kemiskinan Menjadi Penghambat Pertumbuhan Ekonomi
Poor Life. (Sumber: pixabay.com)

Pembangunan perekonomian di negara yang sedang berkembang kerap kali mengalami kegagalan. Beberapa negara gagal untuk memecahkan masalah yang ada pada pembangunan ekonomi terutama permasalahan pada pendapata, pertumbuhan ekonomi yang kurang bahkan tidak stabil, tingginya angka pengangguran yang berakhir menyebabkan tingkat kemiskinan naik.

Kemiskinan merupakan salah satu hal penghambat bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Kemiskinan termasuk dalam persoalan yang sulit untuk diselesaikan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Fenomena kemiskinan pasti dialami dan dihadapi oleh negara yang ada di dunia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pertumbuhan ekonomi sangat penting terhadap kinerja perekonomian suatu negara dan pembangunan suatu negara yang mengalami perkembangan pesat.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Kondisi Ekonomi Keluarga dapat Mempengaruhi Terjadinya Stunting

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu hal yang menjadi tolak ukur suatu negara selain itu juga sebagai indikator kesejahteraan masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari aktivitas perekonomian yang sedang dilakukan, dimana aktivitas tersebut mengalami kenaikan pendapatan ataupun grafik tingkat kesejahteraan masyarakat pada suatu negara.

Perekonomian suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan apabila negara tersebut mengalami angka kenaikan dari tahun ke tahun pada produksi barang maupun jasa.

Apabila tingkat kemiskinan suatu negara begitu tinggi, maka produksi barang dan jasa akan sedikit  karena hal tersebut akan mempengaruhi minat daya beli terhadap barang atau jasa yang dikeluarkan suatu negara.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi Ekonomi terhadap Perekonomian Indonesia

Negara yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi akan berdampak pada produksi barang atau jasa sehingga negara tersebut tidak mengalami kerugian.

Dengan adanya pengurangan jumlah produksi barang atau jasa tersebut, negara tidak mengalami peningkatan sehingga dapat dikatakan bahwa negara tersebut tidak terjadi pertumbuhan ekonomi.

Beberapa upaya yang dapat pemerintah lakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan diantaranya:

  1. Pemerintah harus menyediakan lapangan pekerjaan,
  2. Memberikan sosialisasi atau pelatihan kemampuan pada masyarakat agar mereka bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk membantu berjalannya pembangunan ekonomi dengan cara mendirikan usaha, serta
  3. Memberikan dana bantuan kepada masyarakat kurang mampu baik dana bantuan untuk usaha ataupun dana bantuan seperti BLT (Bantuan Langsung Tunai).

Dengan adanya beberapa upaya tersebut setidaknya dapat mengurangi sedikit demi sedikit tingkat kemiskinan di suatu negara.

Penulis: Natswa Putri Salma
Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Editor: Imamah Khairunnisa
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI