Kontribusi Kegiatan MBKM Magang di Bidang Administrasi pada Perusahaan CV Kay Alor Sejahtera

MBKM Magang
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Program MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan suatu program yang dirancang oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, kemajuan teknologi yang pesat, dan dunia kerja.

Program MBKM ini mempersiapkan mahasiswa agar dapat menjadi pribadi yang tangguh, sesuai dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang serta melaksanakan proses belajar yang kreatif serta inovatif supaya mahasiswa bisa meraih pencapaian pebelajaran mencakup aspek pengetahuan, sikap, serta keterampilan secara optimal dan juga relavan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Magang atau Praktik Kerja merupakan pengalaman pembelajaran yang memberikan wawasan serta pengalaman yang praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan yang nyata di Lembaga Pendidikan dan industri, sehingga mahasiswa dapat memiliki kompetensi yang memadai guna menjalankan tugas yang sesuai dengan bidangnya.

Praktik kerja bagi mahasiswa kependidikan diarahkan agar mahasiswa memiliki nilai dan wawasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.

Program magang yang sedang dilaksanakan mahasiswa ini akan memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa dengan pembelajaran langsung di tempat kerja.

Mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang telah diberikan selama di bangku perkuliahan.

Kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa dari universitas 17 agustus 1945 jakarta yang memiliki nama Sheila Ananda choirunisa jurusan Administrasi Bisnis, dilaksanakan di salah satu Perusahaan swasta yaitu CV. Kay Alor Sejahtera yang terletak di Jakarta utara dengan Alamat lengkap JL. Madya Kebantenan nomor 5-6, Kel. Semper Timur, Kec. Cilincing DKI Jakarta sebagai staf administrasi yang berlangsung selama 6 bulan dimulai dari bulan Maret s/ Agustus 2023. Program Magang MBKM ini diakui setara dengan 20 SKS.

CV. Kay Alor Sejahtera ini adalah suatu Perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan, CV. Kay Alor Sejahtera menjual unit kontainer atau peti kemas yang kita ketahui kontainer itu adalah sebuah wadah yang digunakan untuk mengangkut, menyimpan, melindungi barang selama proses pengiriman, dan terbuat dari logam seperti baja atau alumunium yang didesain khusus supaya kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Selain menjual petikemas, CV Kay Alor Sejahtera juga menyediakan jasa memodifikasi unit kontainer untuk menjadi berbagai macam bentuk, sesuai dengan kebutuhan para peminatnya.

Dalam bisnis perdagangan dan logistik kontainer memiliki peran yang sangat penting dalam menghubungkan pasar pasar global dan memfasilitasi pertukaran barang dari seluruh dunia.

Mahasiswa ditugaskan dibagian administrasi serta difokuskan untuk mengurus dan mengatur sistem administrasi pada Perusahaan, diharapkan mahasiwa dapat membantu menjalankan tugasnya dengan baik.

Untuk tugas yang diberikan Perusahaan kepada mahasiswa magang yaitu, mengurus dokumen Perusahaan, mengatur schedule meeting dengan customer, membuat laporan unit container stok, masuk dan juga keluar, membuat rekapan tagihan customer.

Selama menjalankan kegiatan MBKM magang di bagian administrasi banyak pengalaman yang telah didapatkan dan juga dipelajari oleh mahasiswa magang seperti pemahaman mengenai proses administrasi suatu Perusahaan, mampu beradaptasi dengan dunia kerja yang sesungguhnya, mampu menyelesaikan masalah serta tugas yang telah diberikan oleh Perusahaan, mempelajari pembelajaran yang telah diberikan dari mentor serta rekan kerja.

Manfaat yang didapatkan dari kegiatan MBKM Magang:

  1. Mampu memberikan wawasan serta pengalaman kerja nyata yang berharga bagi mahasiswa yang telah menjalankan kegiatan magang
  2. Dapat mengasah kemampuan yang dimiliki oleh mahaswa
  3. Memberikan pemahaman tentang etika dalam bekerja
  4. Memberikan peluang kepada mahasiswa magang MBKM jika Perusahaan melakukan re-cruitment langsung karyawan baru apabila ketrampilan yang dimiliki dinilai sudah cocok dan layak.
  5. Menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan, baik dalam bentuk pengenalan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh oleh mahasiswa dari perguruan tinggi, maupun kemudahan bagi lembaga/industri mitra dalam memperoleh input sumber daya manusia sebagai tenaga kerja baru.

Diharaphan semoga kedepannya CV. Kay Alor Sejahtera dapat membantu lebih banyak lagi mahasiswa dalam menyediakan wadah pembelajaran dalam sisi dunia kerja khususnya pada bagian Administrasi.

 

Penulis: Sheila Ananda Choirunisa
Mahasiswi Administrasi Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI