Kontribusi Mahasiswa Universitas Ciputra dalam Inovasi Upaya Pengelolaan Sampah di Surabaya

Sumber: Dokumentasi Penulis

Surabaya – Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Ciputra telah memimpin upaya inovatif dalam pengelolaan sampah di Surabaya melalui sebuah workshop yang diadakan bagi anak-anak di daerah Lebak Arum, Kenjeran, pada tanggal 10 Desember.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang melibatkan Karang Taruna RT daerah, sebagai bagian dari langkah konkret menuju lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Dalam upaya menciptakan kesadaran lingkungan sejak dini, mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra merancang workshop interaktif untuk melibatkan anak-anak dari Lebak Arum. Dalam workshop ini, mereka tidak hanya menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah yang baik, tetapi juga melibatkan anak-anak dalam kegiatan nyata untuk mengatasi permasalahan sampah.

Bacaan Lainnya
DONASI

Salah satu kegiatan utama dari workshop ini adalah pengecatan tempat sampah yang akan ditempatkan di sekitar daerah Lebak Arum.

Salah Satu Inovasi Pengelolaan Sampah Oleh Mahasiswa Universitas Ciputra.
(Sumber: Dokumentasi Penulis)

Dengan menghadirkan kreativitas dan semangat gotong royong, anak-anak dan mahasiswa secara bersama-sama menghiasi tempat sampah dengan warna-warni ceria, mengubahnya menjadi karya seni yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah sampah, tetapi juga menjadi elemen estetis yang memperindah lingkungan sekitar.

Kami sangat bangga melihat antusiasme anak-anak dalam mengambil bagian dalam workshop ini. Dengan melibatkan mereka secara langsung, kami ingin menanamkan nilai-nilai penting tentang kebersihan lingkungan dan pentingnya peran setiap individu dalam menjaga kelestarian lingkungan sejak usia dini,” ujar salah seorang peserta.

Kolaborasi dengan Karang Taruna RT daerah juga menjadi langkah strategis dalam memperluas dampak positif dari kegiatan ini. Dengan melibatkan komunitas setempat, diharapkan hasil dari workshop ini dapat berkelanjutan dan memberi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk turut serta dalam upaya pengelolaan sampah yang lebih baik.

Workshop ini juga merupakan bagian dari komitmen Universitas Ciputra dalam mengembangkan keterampilan sosial dan lingkungan mahasiswa serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar.

 

Penulis: Kenneth Eugene
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Ciputra

 

Editor: I. Chairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI