Dalam rangka mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Pedurungan Lor, kelompok mahasiswa Universitas Semarang mengadakan kegiatan workshop Rising Up mengenai tata cara dan teknik pembuatan video dalam penjualan bagi UMKM.
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan dukungan bagi UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi handphone dengan optimal dalam memasarkan produknya.
Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa (02/05) lalu di Kelurahan Pedurungan Lor dan dihadiri oleh 30 pengusaha UMKM termasuk Pembina UMKM Kelurahan Pedurungan Lor itu sendiri.
Baca Juga: Mahasiswa KKN Universitas Semarang Mengamalkan Ilmunya untuk Membantu Promosi Produk UMKM di Desanya
Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Hemas Firmansyah yang menyampaikan pentingnya memanfaatkan teknologi handphone sebagai sarana membuat video yang efektif dan efisien bagi UMKM.
Selanjutnya, dilakukan sesi presentasi dan diskusi antara mahasiswa dan perwakilan UMKM, di mana mahasiswa memberikan berbagai strategi dan tips dalam membuat dan mengedit video untuk memasarkan produk UMKM.
Program yang diusung berupa kegiatan yang memiliki kaitan erat dengan dunia perekonomian saat ini. Dengan menghidupkan kembali UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor yang sempat menurun, kegiatan penyuluhan tersebut dapat membantu para pengusaha UMKM.
Terlebih di era serba digital saat ini juga memiliki dampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, beradaptasi dengan keadaan yang membatasi interaksi antar individu.
Kegiatan workshop Rising Up tersebut berupa penjelasan bagaimana cara memaksimalkan penggunaan media sosial, bagaimana cara mengambil video sederhana dengan menggunakan handphone, serta penulisan caption yang menarik bagi konsumen.
Baca Juga: Mahasiswa Universitas Semarang Membuat Pelatihan Blog dan Desain Grafis
Beberapa pengusaha UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor terlihat sangat antusias akan materi yang dipaparkan, terdapat juga beberapa pertanyaan yang diajukan terkait strategi konten dan penulisan caption yang baik di media sosial.
Penulis: Meryana Marsella
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi