Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yaitu Siti Salma, Tiara Conita, Yasir Andalas, Naufal Ararian, dan Afifuddin Siregar bersama Dosen Pembimbing Magang Bapak Onan M. Siregar, S.Sos., M.Si. melakukan program magang di PLN ULP Medan Baru.
Pelayanan pelanggan dengan PLN Mobile juga dilakukan oleh PT. PLN (Persero) Cabang Unit Layanan Pelanggan Medan Baru sebagai salah satu cabang pembantu yang berada di Kota Medan.
Perusahaan yang berlokasi di Jalan Sei Batu Gingging Pasar X, Merdeka, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara telah menerapkan layanan pelanggan melalui PLN Mobile sejak aplikasi diluncurkan dan mengedukasi pelanggan yang datang ke kantor agar beralih ke PLN Mobile untuk mengakses semua informasi kelistrikan guna memudahkan dan tidak perlu lagi datang ke kantor.
Baca Juga: Analisis Manfaat Penggunaan PLN Mobile pada Bagian Pelayanan Pelanggan di PLN ULP Medan Baru
Aplikasi PLN Mobile yang diluncurkan pada 31 Oktober 2016 ini bertujuan memudahkan pelanggan untuk dapat mengakses dan memanfaatkan layanan guna dapat mengefisiensi waktu bagi pelanggan yang ingin melakukan pengaduan ataupun mendapatkan informasi listrik jika rumah mereka jauh dari kantor PLN.
Dilihat dari komentar yang ada di ulasan aplikasi di Playstore aplikasi PLN Mobile ini masih belum berjalan maksimal dalam pengalaman pengguna. Tetapi tidak sedikit dari pengguna yang terbantu dengan adanya aplikasi PLN Mobile ini.
Supervisor Pelayanan Pelanggan dan Administrasi PLN ULP Medan Baru Bapak Prayuga Putra mengatakan aplikasi ini dibuat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kantor.
“Saat ini, PLN melakukan pembaruan dalam bidang pelayanan pelanggan untuk mengatasi keluhan terkait masalah kelistrikan. PLN menciptakan aplikasi PLN Mobile sebagai wadah bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhannya. PLN Mobile resmi dirilis pada tanggal 31 Oktober 2016 dan dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore.”
“Dimulai sejak masa pandemi Covid-19 PLN guna lebih meningkatkan pelayanan pada aplikasi PLN Mobile untuk menghindari kontak langsung antara karyawan dengan masyarakat sekaligus mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kantor,” tuturnya saat diwawancarai.
Baca Juga: Tagihan Listrik PLN Naik Diam-Diam, Aliansi Mahasiswa Cilegon Gelar Demonstrasi
Adapun Luthfi Hasibuan pelanggan PLN ULP Medan menyatakan bahwa dirinya telah menggunakan Aplikasi PLN Mobile sudah hampir 4 bulan sejak ia mengetahui aplikasi PLN Mobile dari iklan di sosial media.
“Aplikasi ini saya sudah pakai sekitar empat bulan belakangan, saat itu promosi iklan aplikasi PLN Mobile lewat di beranda sosial media saya dan akhirnya saya mencoba install aplikasi ini dan saya merasakan aplikasi ini sangat berguna dan pastinya akan dibutuhkan terus,” tuturnya saat diwawancarai.
Cukup banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya aplikasi PLN Mobile ini untuk pelanggan, karena pelanggan bisa melakukan di mana saja dan kapan saja untuk hal kebutuhan kelistrikan, keluhan dan juga aduan. Pelanggan juga bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai PLN dengan membaca berita pada aplikasi PLN Mobile, hal ini disampaikan juga oleh informan kami.
Penulis:
1. Siti Salma Husnul Khatimah 190907014
2. Tiara Conita 190907048
3. Yasir Andalas 190907060
4. Naufal Al Ghifari Ararian Tobing 190907102
5. Afifuddin Siregar 190907112
Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi