Media Sosial Instagram Mempengaruhi Gaya Hidup Remaja Milenial

instagram memperngaruhi gaya hidup
Media Sosial Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1miliar.

Bacaan Lainnya

Sosial media merupakan suatu platfrom online untuk alat berkomunikasi maupun interkasi secara jauh tanpa terbatasnya ruang dan waktu. Sosial media yang sering digunakan oleh setiap orang salah satunya Instagram.

Baca juga: Instagram sebagai Proses Media Komunikasi Pemasaran

Instagram merupakan salah satu media sosial untuk berbagi foto, video. Bahkan, saat ini Instagram sudah memiliki banyak fitur seperti direct message, IGTV, instastory.

Sistem itu merupakan di dalamnya Instagram adalah dengan mengikuti akun orang lain. Komunikasi antara sesama pengguna Instagram dapat terjalin dengan adanya tanda suka dan berkomentar pada foto orang lain yang akan di unggah pada Instagram.

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa peran media sosial Instagram dalam mengubah gaya hidup. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat tersebut terpengaruh oleh apa yang dilihatnya di media sosial Instagram. Perkembangan tren yang beredar di media sosial Instagram membuat masyarakat ingin mengikuti tren tersebut.

Tampilan media sosial Instagram

Di Indonesia sendiri penggunaan media sosial Instagram sangat digemari hingga mencapai 69,2 juta pengguna pada tahun 2020. Menurut data yang dirilis Napoleon Cat salah satu perusahaan analisis sosial media marketing yang berbasis  di polandia. Pada periode Januari-Mei 2020, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna.

Baca juga: Bandwagon Effect pada Challenge ‘Add Yours’: Fitur Baru Instagram yang Menjadi Modus Penipuan Baru

Pencapaian itu merupakan peningkatan dari bulan ke bulan atas penggunaan platform berbagi foto ini. Instagram sangat digemari karena dirasa sangat menghibur, memberikan informasi, dan menjadi referensi gaya hidup khususnya peengguna Instagram remaja milenial.

Pengaruh Instagram terhadap gaya hidup remaja milenial dapat dilihat dari banyaknya postingan foto  dan  video  yang  mengikuti  gaya  yang  sedang trending  saat  ini. 

Mereka  cenderung meniru serta memiliki ketertarikan dan keingintahuan yang sangat tinggi terhadap suatu hal yang mereka anggap menarik, hal ini dikarenakan mereka masih labil dalam berfikir dan bertindak.

Remaja milenial menghabiskan waktu menggunakan media sosial Instagram, dan menjadi ketertarikan mereka adalah barang-barang atau produk yang trend dimedia sosial Instagram Remaja milenial  mengikuti cara berpakaian orang di media sosial Instagram karena menurut mereka itu bagus,dan mereka suka dengan cara berpakaian seperti dimedia sosial Instagram.

Gaya hidup juga sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Berpikir secara rasional dengan perkembangan media sosial Instagram yang ada, tidak memilih serta merta akan kepuasan tapi kebutuhan.

Media sosial Instagram adalah media yang memungkinkan penggunanya untuk saling melakukan aktivitas sosial melalui jaringan internet tanpa dibatasi jarak, ruang,dan waktu. Berbagai alasan mengapa seseorang membuat sebuah akun pada media sosial Instagram, di antaranya untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman, memperoleh informasi dan kabar melalui news feed yang disediakan oleh media sosial Instagram, hingga menunjukkan eksistensi diri nya.

Baca juga: Untuk Apa Scroll Instagram Berjam-jam?

Pengaruh penggunaan Instagram tersebut secara tidak langsung diikuti dengan munculnya trend gaya hidup baru. Contohnya semakin banyak pengguna yang mengekspos kegiatan travelling, foto-foto destinasi wisata maka meningkat pula jumlah ketertarikan masyarakat dalam melakukan kegiatan travelling.

Trend gaya hidup sendiri seringkali muncul dari sesuatu yang diperbincangkan. Semakin viral suatu unggahan di Instagram maka semakin kuat juga pengaruhnya terhadap munculnya gaya hidup baru. Sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu penentu trend gaya hidup belakangan makin berkiblat pada dinamisme unggahan visual di Instagram.

Dari data dan fakta yang ada di atas Instagram sangat mempengaruhi gaya hidup remaja milenial. Media sosial Instagram menjadi media yang menarik untuk kaum remaja milenial. Maka dari itu, media sosial Instagram sangat tepat jika di katakan dapat mempengaruhi gaya hidup remaja milenial. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram pada gaya hidup remaja milenial.

Penulis: Wahyu Wibisono
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Editor: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui e-mail: redaksi@mahasiswaindonesia.id
Lalu konfirmasi pengiriman artikel via WA Admin: +62 811-2564-888 (Rahmat Al Kafi)
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI