Pasar Buku Wilis, Pasar Buku Paling Terbesar di Kota Malang

Halo rekWarga Malang dan sekitarnya, kalian udah tau kan kalo di kota Malang ini ada Pasar Bukunya juga lho, Hmm… Mimin kasih tau gak ya. Nah Pasar Buku tersebut yaitu namanya Pasar Buku Wilis yang lokasinya berada di Jalan Simpang Wilis Indah, Kota Malang.

Pasar Buku Wilis ini  hadir sebagai solusi bagi seluruh masyarakat yang mau membeli buku, baik itu terbitan baru ataupun buku keluaran lama, yang tidak bisa juga ditemukan di beberapa toko buku besar kayak di Gramedia, togamas, sarjana, siswa, dan lain-lain.

Di tempat ini, ada puluhan toko buku yang memang sangat tampak kecil, namun Ia menawarkan sebuah koleksi buku yang cukup lengkap. Bahkan, karena kelengkapannya, banyak pelajar ataupun mahasiswa yang datang ke tempat ini untuk mencari buku yang dibutuhkan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Budaya Baca, Jernihkan Pemahaman

Gunanya untuk kegiatan pembelajaran dan mencari referensi. Selain itu, harga buku yang sangat miring juga menjadi alasan tempat ini selalu dikunjungi oleh seluruh  masyarakat untuk memburu buku yang mereka inginkan.

Sejarah Pasar Buku Wilis

Kalian mau tau kan kalo Pasar Buku Wilis ini ternyata mereka itu dulunya adalah pindahan dari PKL atau (Pedagang Kaki Lima) lho,yang berasal dari sepanjang jalan Mojopahit, tempatnya itu dekat dengan Alun-Alun Kota Malang.

Pada tahun 90-an, jalan yang dipenuhi oleh sebuah kios-kios pedagang buku bekas yang lebih juga dikenal dengan nama Blok M. Karena Ia dianggap semrawut yang juga mengakibatkan sebuah kemacetan lalu lintas, Dulunya para pedagang buku-buku di Blok M lebih banyak menjual sebuah buku-buku bekas.

Sedikit sekali yang menjual buku-buku pelajaran yang baru, khususnya untuk anak sekolah mulai dari SD-SMA. Pangsa pasar untuk buku-buku pelajaran baru banyak diambil oleh toko-toko buku besar seperti Gramedia, Kharisma, Gunung Agung, atau Toga Mas.

Walaupun ada yang menjual, itu pun bekas pakai. Para pedagang buku di Blok M, lebih menyasar ke pangsa pasar mahasiswa. Materi-materi kuliah bekas mahasiswa yang baru sudah lulus, banyak diperjualbelikan kepada mahasiswa baru.

Pada bulan Maret di tahun 2003 seluruh pedagang di Blok M ini akhirnya dipindahkan, dan dibuatkan juga sebuah pasar khusus untuk jual beli buku yang terletak di jalan Simpang Wilis, Malang.

Baca Juga: Kurangnya Minat Baca, Salah Siapa?

Bukunya Lengkap

Mungkin ketika kalian pengen mau mencari buku untuk kebutuhan mata pelajaran ataupun mata kuliah tertentu di toko buku besar, kalian akan bakal menemui stok yang sangat kosong. Di Pasar Buku Wilis, pasti tak akan ada kejadian seperti itu.

Stok buku yang ada di Pasar Buku Wilis kadang mereka menjual buku bekas ataupun buku yang baru. Ada juga berbagai macam buku-buku yang lengkap di Pasar Buku Wilis tersebut.

Ada buku pelajaran dari TK-SMA, buku mata kuliah kayak jurusan ilmu sosial, ilmu teknik, ilmu kedokteran, ilmu ekonomi, dan lain-lain kadang juga pasar tersebut menjual komik, majalah, hingga bacaan umum lainnya.

Menurut bapak Fajar pedagang kios Pasar Buku Wilis tersebut, untuk melengkapi seluruh buku di kios itu tidak bisa kalau kita menyediakan sekitar 80%  karena mereka itu berbentuk pasar dan juga harus saling melengkapi satu sama lain di satu kios tersebut.

Seperti juga halnya pasar, ketika penjual A kehabisan stok buku, kalian akan diarahkan ke penjual lain alias penjual B. Jika si penjual B juga nggak punya buku yang kalian cari, dia akan mencarikan penjual lainnya yang stoknya juganya masih ready.

Pokoknya kalian nggak usah khawatir. Karena, selain menjual buku baru, di sana juga ada buku bekas yang masih terawat. Dijamin dapat buku.

Baca Juga: Rendahnya Minat Baca Di Kalangan Pelajar Di Era Milenial

Harga Khas Pelajar dan Mahasiswa

Seperti permasalahan pelajar ataupun mahasiswa rantau lainnya, keuangan yang pas-pasan jadi momok menakutkan terlebih saat dosen ataupun guru tiba-tiba menyuruh beli buku pegangan. Tapi jangan khawatir, Pasar Buku Wilis mengerti kondisi dompet pelajar ataupun mahasiswa karena juga uangnya itu masih juga mengandalkan kiriman uang dari orang tua.

Harga buku di sana cenderung murah dan lebih diskon paling 30% daripada toko buku besar lainnya. Harga buku dalam kondisi baru saja bedanya bisa 10-15 ribu rupiah. Sementara harga buku bekas bisa separuh dari harga buku asli. Pasti kalian semuanya beli bukunya di sini.

Bisa Negoisasi Wajar

Keunggulan lain dari belanja di Pasar Buku Wilis adalah harganya juga pun bisa ditawar. Mungkin penjual-penjual buku di sana agak lebih paham seperti apa kondisi mahasiwa ataupun pelajar, apalagi yang masih juga mengandalkan kiriman uang dari orang tua.

Di Pasar Buku Wilis tersebut, siapa pun yang mau menawar boleh asal dengan wajar. Pasti bisa karena di sini diskonnya 30% untuk buku-buku yang paling baru dan untuk buku-buku yang bekas, kalian bisa negoisasi sepuasnya.

Lokasinya Strategis

Pasar buku willis ini lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau. Dekat dengan Universitas Negeri Malang, Universitas Katolik Widya Karya, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Negeri Malang juga. Seperti namanya, Pasar Buku Wilis berada di Jalan Simpang Wilis Indah, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Baca Juga: Minat Baca Kian Terkikis: Masihkah Buku Bacaan Eksis?

Rutenya dari terusan Jalan Surabaya Universitas Negeri Malang, kalian hanya dapat perlu belok ke selatan melalui Jalan Gede, lurus sampai menemukan plang Pasar Buku Wilis atau tepat berada di seberang jalan Universitas Widya Karya.

Jika masih bingung, kalian tak perlu khawatir ataupun risau, tinggal ketik saja “Pasar Buku Wilis” di Google Maps. Warga Malang dan sekitarnya kini udah tahu kan kalo kita bisa beli buku murah untuk bahan materi kuliah dan materi pembelajaran di mana?

Kalo mau beli buku kayak bahan materi kuliah dan materi pembelajaran belinya di Pasar Buku Wilis, harganya mahasiswa dan pelajar lho pasti harganya dijamin murah meriah.

Penulis: Farhan Putra Wika Budi Santosa
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Editor: Ika Ayuni Lestari

Redaktur Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI