Pemanfaatan Teknologi dalam Memerangi Tindak Pidana Pencucian Uang

Ilustrasi: istockphoto

Tindak pidana pencucian uang telah menjadi momok dalam keberlangsungan integritas sistem keuangan baik regional, nasional, maupun internasional. Namun, perkembangan teknologi membawa harapan baru dalam pertarungan melawan praktik ilegal ini. Adopsi teknologi yang cerdas muncul sebagai senjata penting dalam memerangi pencucian uang dengan lebih efektif.

Salah satu kontribusi utama teknologi dalam menghadapi pencucian uang adalah kemampuannya dalam mendeteksi pola-pola transaksi mencurigakan. Kecerdasan buatan (AI) dan analisis data dapat menelusuri aliran dana yang tidak wajar dengan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan metode konvensional.

Sistem ini mampu mengidentifikasi pola transaksi yang mencurigakan dan memberi peringatan kepada institusi keuangan atau penegak hukum untuk bertindak lebih cepat.

Bacaan Lainnya
DONASI

Blockchain, teknologi yang menjadi landasan bagi mata uang kripto seperti Bitcoin, juga membuka potensi besar dalam upaya pencegahan pencucian uang. Dengan catatan transaksi yang terdesentralisasi dan terenkripsi secara kuat, teknologi blockchain dapat memberikan transparansi yang tinggi. Meskipun demikian, pendekatan ini juga memerlukan regulasi yang tepat agar dapat dimanfaatkan secara efektif dalam melawan pencucian uang.

Selain itu, teknologi juga memungkinkan penerapan identifikasi biometrik yang lebih kuat dalam proses verifikasi identitas. Pendekatan ini bisa menjadi langkah signifikan dalam mencegah pencucian uang, karena sulit bagi pelaku kriminal untuk menggunakan identitas palsu dalam transaksi keuangan.

Namun, sementara teknologi membawa harapan besar, tantangan juga hadir. Perkembangan teknologi juga digunakan oleh para pelaku kriminal untuk menyempurnakan metode pencucian uang mereka. Oleh karena itu, upaya penyempurnaan terus menerus pada sistem keamanan dan teknologi penting dalam menghadapi evolusi taktik kejahatan keuangan.

Memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk memerangi pencucian uang bukanlah solusi tunggal. Diperlukan sinergi antara teknologi yang canggih dengan regulasi yang bijaksana, kerjasama lintas negara yang erat, dan kesadaran akan pentingnya pencegahan pencucian uang di semua tingkatan masyarakat.

Hanya dengan pendekatan komprehensif ini, kita bisa membentengi sistem keuangan global dari serbuan tindak pidana pencucian uang ini secara rigid.

Penulis: 

Alviami Ghina Asyraf
Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Universitas Sumatera Utara

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI