Pentingnya Memahami Langkah-Langkah Profesional Presentasi Bisnis agar Tidak Nervous

opini
Asian business person listening to a presentation at a meeting

Presentasi bisnis adalah penyampaian informasi mengenai kegiatan bisnis (pengembangan produk, perluasan pasar, pengajuan usul proyek baru, dan lain-lain) oleh pembicara kepada audiensi yang hadir dalam suatu forum bisnis.

Presentasi dalam bisnis sangat penting dilakukan. Seorang pembicara yang melakukan presentasi bisnis di hadapan audiensi tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai.

Peran presentasi sangat penting dalam bisnis. Pengenalan produk informasi memastikan bahwa produk lebih terlihat dan menawarkan manfaat unik saat menjual produk. Presentasi sering digunakan untuk mengkomunikasikan ide kepada orang lain.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Upaya Meningkatkan Produktifitas Komunitas Pasca Pandemi Melalui Pelatihan Bisnis Plan di Desa Ngadiboyo

Pertimbangkan langkah-langkah ini saat membuat presentasi rencana bisnis Anda:

Pertama, tidak ada yang salah dengan rasa takut yang ada pada diri kita sendiri. Hal itu sudah umum dialami oleh mereka yang akan menyampaikan sebuah presentasi, termasuk pada mereka yang sudah punya pengalaman. Yang pasti ada kegelisahan di dalam hatinya.

Nah, kalau ada di antara kita yang belum menguasai sebuah presentasi bisnis dan merasakan kegelisaan seperti yang saya gambarkan di atas, tenang. Hal itu biasa, umum, dan sangat wajar terjadi. Jadi, Anda tidak sendirian perlu cemas akan hal itu.

Presentasi bisnis harus dilakukan dengan persiapan yang matang agar tujuan presentasi dapat tercapai. Persiapan yang diperlukan untuk presentasi bisnis mencakup beberapa hal yaitu sebagai berikut :

1. Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan

Salah satu syarat penting dalam suatu presentasi adalah penguasaan terhadap materi. Apabila seorang pembicara kurang dapat menguasai materi yang akan dipresentasikan akan menghambat penyampaian pesan terhadap audiensi dan akan memberikan citra kurang baik bagi pembicara.

2. Penguasaan berbagai alat bantu presentasi

Alat bantu presentasi yang digunakan oleh pembicara menentukan keberhasilan presentasi yang dilakukan. Dengan memanfaatkan berbagai alat bantu akan dapat mencapai tujuan presentasi bisnis yang dikehendaki.

3. Menganalisis audiensi

Seorang pembicara perlu mengenal siapa sebenarnya yang menjadi audiensi. Untuk mengenal audiensinya, pembicara perlu melakukan analisis yang berkaitan dengan kepada siapa seseorang itu berbicara. Dengan mengenal audiensi, pembicara akan semakin mudah dalam melakukan presentasi.

4. Menganalisis berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi

Pemahaman terhadap lingkungan atau suasana lokasi presentasi bisnis akan memberi kemudahan kepada pembicara dalam mengatur alat bantu presentasi yang sesuai dengan suasana lokasi tersebut.

5. Bagaimanakah presentasi Anda?

Cara presentasi yang baik dan benar selanjutnya adalah kuasai materi presentasi. Kunci keberhasilan lainnya adalah harus menguasai materi presentasi yang akan dibawakan. Sehingga ketika berhadapan dengan audience, materi yang disampaikan terlihat mengalir.

Baca Juga: Apa Saja yang Diperlukan Saat Melakukan Presentasi Bisnis?

Tunjukkan rasa semangat, gembira, dan bahagia. Ketika presentasi sudah dipersiapkan dengan baik, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyampaikan presentasi dengan semangat, tidak loyo, tidak malas-malasan, dan sebagainya. Apapun kondisi yang dialami semaksimal mungkin tidak diperlihatkan di depan audience.

Terkait ini, mungkin Anda membutuhkan peralatan pendukung seperti LCD, layar, laptop, meja, kursi dengan penempatan yang tepat.

Menyangkut materi atau bahan presentasi, apakah Anda menyediakan Power Point (PPT) atau tidak, atau Anda berbekal materi berupa print out? Bahkan, mungkin Anda tidak memerlukan Power Point, cukup dengan berbicara seperti ngobrol saja?

Hal-hal seperti itulah yang seharusnya dianalisis dan pastikan Anda memahami betul materi yang akan dipresentasikan. Jadi ada lima hal yang bisa kamu praktikkan dalam membuat presentasi bisnis yang efektif. Semoga kamu lebih percaya diri dalam mempersiapkan presentasi bisnis selanjutnya.

Penulis: 
1. Nabila Nurlaili Maghfira 
2.
Neneng Hani Santika Dewi
Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI