Sistem Pengendalian Manajemen pada Salah Satu Pabrik yang Bergerak di Bidang Steel Wire Rope Manufacturing

Manajemen
Ilustrasi Pabrik.

Perusahaan Steel Wire Rope Manufacturing yaitu perusahaan pabrik yang memproses pembuatan kawat yang dipilih sehingga menjadi tali kawat baja.

Perusahaan ini biasanya menggunakan sistem pengendalian yang bisa dibilang sagat ketat, karena untuk menjalankan produksi pembuatan tali kawat baja, perusahaan biasanya menekankan pengendaliannya pada bagian Keselamatan Kerja (Safety Guide) dalam melakukan pengendalian manajemennya, supaya produksi bisa tetap berjalan dengan aman dan lancar.

Safety Guide ini diterpakan dengan tujuan untuk mencapai nihilnya kecelakaan pada saat proses produksi. Safety Guide ini berkontribusi penting bagi semua karyawan untuk mendorong Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada saat melakukan produksi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Beberapa pengendalian yang ada pada Keselamatan Kerja (Safety Guide) tersebut di antaranya yaitu seperti:

  • Penilaian Risiko => penerapan ini merupakan langkah penting dalam manajemen risiko di semua bagian dan persyaratan manajemen Peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Tujuan penilaian risiko ini adalah dengan mengenal, mengevaluasi, dan meminimalisir atau mengendalikan risiko agar dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan penyakit karyawan.
  • Pemeliharaan Mesin dan Peralatan Mesin => Pemeliharaan peralatan dan mesin merupakan suatu aktivitas dengan tujuan untuk menjaga agar peralatan dan mesin selalu dalam kondisi baik. Meskipun kegiatan ini merupakan rutinitas, tetapi tidak boleh diabaikan.
  • Sistem Keselamatan Kerja => Izin dan sistem keselamatan kerja dalam pekerjaan harus tertulis dalam urutan tugas-tugas setiap pekerjaan di bagian produksi. Penilaian risiko juga harus dilaksanakan sebelum operasi dimulai. Misalnya seorang karyawan yang akan bertugas, karyaan tersebut bertugas untuk menjamin semua alat yang akan digunakan untuk kerja dipastikan aman dan jika ada salah kecelakaan dalam penggunaan, karyawan tersebut wajib melaporkannya. Karyawan tersebut juga wajib untuk melakukan pengecekan diawal shift sebelum memulai pekerjaan.
  • Menggunakan Perlatan Perlindungan Diri => setiap karyawan harus menggunakan pelindung mata saat berada di dalam tempat kerja. Sepatu pelindung juga harus digunakan oleh semua tenaga kerja pada bagian produksi, pemeliharaan, dan lainnya yang masuk secara berkala di daerah produksi. Dan semua alat pelindung diri diberikan/ disediakan oleh perusahaan.

Demikian sistem pengendalian keselamatan kerja yang diterapkan oleh salah satu pabrik swasta yang bergerak di bidang Steel Wire Rope Manufacturing.

Penulis: Cecilia Roro Diah Rosa Rini
Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI