Stres di Universitas? Cari Kedamaian dengan Tawakkal

Cari Kedamaian dengan Tawakkal

Mahasiswa semester 1-5 seringkali merasa stress karena tuntutan akademik, masalah finansial, dan membagi waktu anatara kuliah dan bekerja bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja. Perubahan besar dalam metode pembelajaran, ekspektasi instruktur, dan manajemen waktu merupakan tantangan terbesar.

Tekanan akademis, banyaknya pengeluaran, dan ekspektasi dari orang tua serta diri mereka sendiri memperburuk situasi ini. Untuk mengatasai stress akibat hal hal tersebut, konsep tawakkal atau pengabdian kepada Allah setelah berusaha bisa menjadi solusinya.

Tawakkal mengajarkan manusia untuk berbuat sebaik baiknya dan menyerahkan hasilnya kepada Allah, sehingga membantu mereka mengurangi rasa takut terhadap hal hal diluar kendalinya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Melalui doa, refleksi, dan rasa syukur, manusia dapat menemukan kedamaian batin, meningkatkan fokus, dan mengutangi stress. Mengatasi stress dengan berserah diri kepada Allah membantu mahasiswa tidak hanya bertahan tetapi juga mengatasi tantangan akademik.

Masalah stress yang yang berkelanjutan tidak bisa dianggap sepele, karena masalah stress teresbut bisa memicu terjadinya gangguan mental, salah satunya yaitu Anxiety. Anxiety adalah respons emosional berupa perasaan takut atau khawatir yang berlebihan terhadap situasi yang menimbulkan tekanan atau ketidakpastian.

Meskipun kecemasan merupakan respons normal, jika intensitasnya tinggi dan berlangsung lama hingga mengganggu fungsi sehari-hari, bisa menjadi gangguan kecemasan yang memerlukan penanganan. Hingga masalah ini akan berdampak pada kegiatan akademik dan mengganggu proses pembelajaran.

Dalam mengatasi masalah stress yang terjadi Tawakkal adalah solusi yang bisa dijadikan obat mengurangi stress yang dialami. Karena dalam tawakkal kita akan berserah diri kepada Allah atas usaha yang sudah kita lakukan dan pastinya berserah diri ini disertai dengan usaha yang maksimal.

Tawakkal sangat penting dilakukan pada manusia atas segala usahanya dan pasrah atas apa yang akan terjadi selanjutnya.

Definisi Tawakkal adalah menaruh kepercayaan penuh kepada Allah dalam setiap urusan, dengan keyakinan bahwa Allah adalah pengatur segala sesuatu, sambil tetap berusaha sebaik mungkin. Dalam dalam tulisan ini akan disajikan bagaimana tawakkal bisa mengurangi stress.

Baca Juga: Keterasingan dalam Kebisingan: Psikologi Ketidakmampuan Memisahkan Diri dari Media Sosial dalam Zaman Kehadiran Konstan

Nilai-Nilai Tawakkal dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Kepercayaan penuh : Meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari rencana Allah membantu ketenangan.
  2. Ketabahan : Tetap Tegar dan sabar dalam menjalani cobaan hidup.
  3. Ketenangan batin : Mengurangi kecemasan dan stress karena yakin bahwa hasil akhir ada ditangan Allah.
  4. Kerja Keras : Berusaha maksimal sambil mengandalkan pertolongan Allah.
  5. Penerimaan Ikhlas : Menerima hasil dengan lapang dada, baik sesuai harapan atau tidak.
  6. Pengendalian emosi : Lebih bijaksana dalam mengendalikan emosi, karena yakin bahwa segala sesuatu adalah kehendak Allah.

Penyebab Stres pada Mahasiswa

  1. Tekanan akademik : Tugas, ujian, dan tuntutan akademik lainnya.
  2. Masalah keuangan : Biaya kuliah, dan biaya kehidupan sehari hari.
  3. Kehidupan sosial : Hubungan dengan teman dan keluarga.

Cara Tawakkal Mengatasi Stres

  1. Membangun kepercayaan dan ketergantungan pada Allah : Dengan bertawakkal manusia harus Memiliki keyakinan pahwa apa yang terjadi adalah kehendak Allah dan harus percaya dengan apa yang sudah ditakdirhan Allah. Kita harus berfokus pada proses dan menyerahkan hasil dengan pasrah pada kehendak Allah. Berserah diri atau pasrah disertai usaha dan berdoa. Dengan begitu akan muncul ketengan batin atas apa yang terjadi selanjutnya.
  2. Menjaga keseimbangan Emosional : menghilangkan pikiran pikiran negatif dan menumbuhkan pikiran positif dengan dengan konsep tawakkal yang disertai doa dan berzikir kepada Allah agar emosi menjadi seimbang sehingga tidak terjadi stress pada diri manusia.
  3. Penerimaan dan keikhlasan : Siap mengadapi apa yang akan terjadi dengan rasa Ikhlas dan Menerima jika hasil tidak sesuai ekspektasi. Karena semua yang terjadi adalah sesuatu yang ditakdirkan oleh Allah dan itu adalah yang terbaik bagi kita.

Studi Kasus dan Contoh Nyata

Contoh kisah sukses dari tawakkal mengurangi stress ada pada Mahasiswa di Universitas negeri Makasar yang ditulis dan diteliti dalam jurnal yang berjudul “Pengaruh Tawakal terhadap stres akademik pada mahasiswa” oleh Mutiara Wulandari dkk. Dalam jurnal ini dijabarkan tentang mahasiswa yang mengalami stress akademik laliu menerapkan konsep tawakkal hingga Tingkat stress yang dialami berkurang.

Pada kondisi tersebut meskipun stres yang dialami belum hilang sepenuhnya tetapi stress akan berkurang. Maka jika terbiasa menerapkan konsep tawakkal maka stress bisa dihindari dan hidup menjadi tenang. Tidak hanya stress akademik saja tetapi stress akibat masalah keuangan atau masalah tekanan keluarga bisa diatasi dengan tawakkal.

Baca Juga: Melangkah Menuju Ketenangan: Mengatasi Rasa Cemas dengan Terapi SEFT

Panduan Praktis menerapkan Tawakkal

  1. Mulailah dengan kesadaran diri bahwa kita sebagai manusia tidak punya kehendak diluar kemapuan kita, semua sudah diatur oleh Allah dan kita harus berusaha dan berdoa lalu menyerahkan hasilnya dengan berserah diri kepada Allah.
  2. Mulailah dengan membisakan berdzikir dan sholat tepat waktu agar selalu mengingat Allah disetiap keadaan. Karena setiap usaha kita akan berbuah manis jika kita dekat dengan Allah SWT. Dan selalu mengingat bahwa keberhasilan kita adalah pemberian dari Allah bukan semata mata hasil usaha kita sendiri.
  3. Menulis refleksi harian untuk mengevaluasi dan memperkuat Tawakkal. Bisa ditulis bagaimana sebelum dan sesudah menerapkan Tawakkal.

Kesimpulan

  1. Stress yang dialami mahasiswa jika dibiarkan terus menerus bisa mnegakibatkan gangguan mental seperti anxiey. Biasanya hal ini diakibatkan tugas yang menunpuk, uang yang dimiliki habis sebelum waktunya dan tekanan faktor sosial seperti keluarga dan dosen. Dalam maslah ini Tawakkal sebagai bentuk penyerahan diri kepada Allah atas usaha yang dilakukan adalah solusi untuk mengurangi stress yang dialami. Dengan menerapkan konsep tawakkal secara terus menerus maka stress yang dialami akan berkurang. Karena mengingat allah dalam proses bertawakkal menjadikan kita dekat denga Allah dan urusan kita akan menjadi lancer.
  2. Tawakkal sangat berpengaruh dalam menanganimasalah stress dan sangat berpengaruh dalam hidup sampai hari tua. Jika diterapkan terus menerus dan dijadikan kebiasaan. Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui tawakkal seperti, hati menjadi lebih bisa menerima, merasakan kedekatan dengan Allah, dan menegrti makna kehidupan melalui takdir yang diberika Allah setelah kita berusaha. Jika dalam mahasiswa meneraokan tawakkal maka diporos pembelajaran berikutnya akan terasa mudah menghadapi kondisi sulit yang akan datang.
  3. Mari kita terapkan tawakkal dalam hidup kita agar menjadi manusia yang Tangguh dan dijauhkan dari stress terkhusus mahasiwa yang mengalami stress di perkuliahan dan siapapun yang mengalami kondisi sulit dalam hidup. Dengan bertawakkal kita akan bisa dekat dengan Allah dan bisa menghadapi kenyataan dengan lebih Tangguh dan kuat

 

Nama: Mohammad Alif Hilmy Akbar
Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

 

Editor: I. Khairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.