Tips Belajar Bahasa Inggris ala Tc Idaa Sluggish_journey

Tips Belajar Bahasa Inggris
Tc Idaa Sluggish_journey (Sumber: Penulis)

Kasmidar, yang dikenal sebagai Tc Idaa di akun Instagram @sluggish_journey, adalah seorang Youtuber dan konten kreator yang fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris. Lahir di Kung, Bone Sulawesi Selatan pada tanggal 14 Desember 1992, Kasmidar kini tinggal di Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam perjalanannya belajar, Kasmidar mengalami kehidupan keluarga yang tidak utuh, sehingga Ia dibesarkan oleh nenek dan kakeknya. Dari situ, minatnya terhadap Bahasa Inggris tumbuh sejak SMA, meskipun latar belakang pendidikannya adalah Pendidikan Fisika Bilingual di Universitas Negeri Makassar. 

Banyak yang bertanya mengapa seorang sarjana Pendidikan Fisika mengajar Bahasa Inggris? bagi Kasmidar, Bahasa Inggris bukan hanya sekadar pelajaran, tetapi juga hobi. Ia selalu menyukai bahasa ini dan belajar dengan penuh kesenangan, tanpa tekanan nilai atau lulus ujian.

Bacaan Lainnya
DONASI

Aktif mengikuti program pertukaran pelajar yang didanai penuh selama kuliah, Kasmidar juga mengambil kesempatan magang internasional di Taiwan setelah lulus. Pengalaman ini memberinya wawasan baru dan semangat untuk terus belajar dan berbagi ilmu.

Di Metro School Makassar, Kasmidar mengajar Science dengan kurikulum Cambridge dari tahun 2018 hingga 2022. Selain itu, Ia juga suka traveling dan menjelajahi budaya serta bahasa baru.

Impiannya untuk keluar negeri, baik untuk belajar maupun berlibur, terwujud dengan perjalanan backpackingnya ke 6 negara ASEAN, yang bahkan ia ajak rekan kerjanya di Metro School.

@sluggish_journey, nama akun media sosialnya, diambil dari pengalaman Kasmidar yang menyukai traveling namun dengan perjalanan yang tidak pasti. Lambat namun pasti, Ia mencapai mimpi keluar negeri dengan ketekunan dan proses yang panjang.

Harapannya melalui konten-konten yang dibagikan di media sosialnya, orang-orang yang serius belajar Bahasa Inggris dapat mendapatkan manfaat, baik dari segi kosakata, pengucapan, maupun kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris.

Tips Belajar Bahasa Inggris ala Tc Idaa

Adapun tips belajar Bahasa Inggris yang bisa Ia berikan sebagai berikut:

1. Bangun Kosakata

Membangun kosakata bisa dengan banyak membaca buku dalam Bahasa Inggris, menonton film atau Acara tv dalam Bahasa Inggris, serta mendengarkan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris.

Dalam proses membangun kosakata usahakan lebih banyak mempelajari kalimat yang sudah jadi agar bisa langsung digunakan ketika berbicara dan tidak perlu bingung lagi soal grammar.

2. Perbanyak Imitasi

Mengimitasi kalimat yang sudah jadi, expression atau ungkapan sehari-hari akan sangat memudahkan dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Teman-teman bisa mengimitasi dari film atau drama agar bisa melatih pendengaran, cara pengucapan kata, serta ekspresi wajah ketika menggunakan ungkapan tersebut. Selain itu, metode belajar ini juga sangat menyenangkan karena selain menyimak cerita filmnya, teman-teman juga bisa mempelajari bahasanya.

3. Pelajari Grammar

Setalah memiliki kosakata yang cukup dan sudah banyak mengimitasi kalimat-kalimat yang sudah jadi, teman-teman bisa secara pelan-pelan mempelajari grammar.

Ketika teman-teman sudah memiliki kosakata yang cukup, maka belajar grammar akan sangat mudah karena teman-teman tinggal mencocokkan informasi dari metode imitasi dan aturan kalimat yang ada di grammar.

Tahapan belajar ini tidak banyak diketahui khalayak ramai, sehingga tidak heran, bagi mereka yang mulai belajar Bahasa Inggris dimulai dari grammar, akan mudah stress dan berujung berhenti di tengah jalan.

4. Latihan – Practice

Tips yang terakhir tentunya adalah practice atau latihan. Karena bahasa adalah alat komunikasi sehingga sangat membutuhkan pembiasaan. Semakin teman-teman menggunakannya, maka semakin mudah teman-teman mengingatnya. Practice makes perfect. 

Dengan mengikuti akun media sosial @sluggish_journey, diharapkan para pengikutnya dapat memperoleh manfaat yang berharga dalam perjalanan belajar Bahasa Inggris.

 

Penulis: Kasmidar
Alumni Universitas Negeri Makassar

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI