Prevalensi Stunting Tinggi, KKN UAD Agendakan Sosialisasi dan Pendampingan Stunting di Pedukuhan Lopati

KKN UAD
Sosialisasi dan Pendampingan Stunting.

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler periode ke-119 unit XII.A.3 memberikan edukasi berupa Sosialisasi dan Pendampingan “Stunting” kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Program yang dilaksanakan di Pedukuhan Lopati, Kelurahan Trimurti, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul ini membahas mengenai pencegahan stunting bagi balita dan ibu hamil, serta pencegahan stunting dari aspek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Program ini dilaksanakan pada Sabtu (17/2/2024) dengan tujuan memberikan sebuah kontribusi positif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Khususnya dalam hal pencegahan stunting, pelayanan posyandu, serta kesadaran kesehatan lansia dan balita.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan ini berlokasi di Masjid Al-Mustaqim Pedukuhan Lopati, Kelurahan Trimurti, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN UAD bekerja sama dengan ibu-ibu kader Posyandu, pemerintah desa, dan masyarakat Lopati.

“Rekan-rekan tim KKN UAD membantu dalam upaya pencegahan stunting serta pendampingan Posyandu di Padukuhan Lopati. Ini mencakup penyuluhan stunting bagi balita dan ibu hamil serta penyuluhan kesehatan kepada lansia,” ungkap Anton Wijayanto selaku Kepala Pedukuhan Lopati.

Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan sosialisasi mengenai pemilihan makanan bergizi bagi ibu hamil. Tim KKN UAD Unit XII.A.3 memberikan informasi kepada ibu-ibu serta ibu hamil mengenai pencegahan stunting yang dapat terjadi akibat gizi yang buruk pada anak dan ibu hamil.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa terjadinya stunting tidak lepas dari gizi yang buruk dan perilaku hidup yang tidak bersih dan sehat.

Jadi, kedua hal tersebut saling berkesinambungan dan harus dijaga oleh masyarakat, terutama ibu hamil dan anak-anak.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu menerapkan pola hidup sehat dan bersih di Dusun Lopati untuk mengurangi prevalensi kasus stunting yang lebih tinggi.

Kemudian, diharapkan pula terdapat peningkatan akses layanan kesehatan melalui Posyandu dan kesadaran masyarakat Padukuhan Lopati mengenai pencegahan stunting.

Program ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Padukuhan Lopati dan masyarakat Padukuhan Lopati. Farras Prasetya Pambudi, selaku ketua Tim KKN Unit XII.A.3 menyatakan bahwa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan bukan semata sebagai wujud tanggung jawab sosial bagi kampus, tetapi program ini sebagai langkah nyata tim dalam meningkatkan pengetahuan dan kesehatan masyarakat.

“Dengan kolaborasi yang kuat antara mahasiswa dan masyarakat. Harapan kami program ini akan memberikan sebuah dampak positif yang berjangka panjang bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Pedukuhan Lopati,” ujar Farras Prasetya Pambudi ketua tim KKN UAD Unit XII.A.3.

Penulis: KKN R-119 UAD UNIT XII.A.3
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI