Digitalisasi Sekolah: Pengenalan Canva bagi Siswa SD oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam Program PMM

PMM UMM
Pengenalan Canva.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM) kali ini dilaksanakan oleh kelompok 02 gelombang 5 selama 30 hari untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ahda Bina Afianto, LC., MHI, kelompok PMM ini hanya beranggotakan 1 orang yaitu Arum Aprilasyarma yang merupakan mahasiswa dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Semakin berkembangnya teknologi membawa kita ke era di mana kreativitas sangat dibutuhkan. Setiap orang dituntut untuk terus berkembang agar tidak tertinggal oleh perkembangan yang terjadi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Oleh karena itu tercetuslah Program Pengabdian kepada Masyarakat (PMM) yang digagas oleh Universitas Muhammadiyah Malang mengenai pengenalan Canva bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Siswa-siswi SD ini berasal dari SD Negeri 012 Kec. Muara Jawa, Kab. Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Di mana kebanyakan dari mereka belum mengetahui apa itu aplikasi “Canva”. Tujuan dari program ini adalah menciptakan siswa-siswi yang berbakat dalam Design Grafis serta menjadi siswa-siswi yang kreatif.

Di samping itu dengan program ini diharapkan dapat menjadikan SD Negeri 012 Muara Jawa menjadi sekolah yang dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Di tengah era digital, Canva telah menjadi platform yang sangat berguna dalam menciptakan desain visual yang menarik dan profesional. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, para anak memiliki keleluasaan dalam merancang berbagai jenis gambar, termasuk poster berwarna-warni dan spanduk dengan elemen gambar yang unik.

Dalam pelaksanaan program ini mereka sangat bersemangat untuk belajar mendesain menggunakan aplikasi “Canva”. Di bawah bimbingan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang yang penuh antusiasme, para anak-anak belajar untuk membuat desain sederhana.

Mereka berhasil menciptakan karya-karya sederhana sesuai dengan imajinasi yang mereka miliki. Melalui kegiatan ini, orang tua juga dapat mengetahui bahwa mereka perlu memberikan ruang lebih agar anak-anak mereka dapat berkreasi dengan leluasa.

Selain belajar mengenai desain grafis, mereka juga belajar mengenai pentingnya kerja sama, ketekunan, serta kegembiraan dalam membuat sebuah karya. Secara tidak langsung mereka belajar untuk mengatasi sebuah tantangan dan membangun rasa percaya diri mereka.

Melalui pelaksanaan PMM yang dilaksanakan dengan penuh semangat, Universitas Muhammadiyah Malang menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswi Sekolah Dasar dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Penulis: Arum Aprilasyarma
Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI