Fakta Kepribadian Introvert, Sering Jadi Salah Paham

Psikologi
Fakta Kepribadian Introvert, Sering Jadi Salah Paham

Seringkali saya ditanya banyak teman-teman saat berkumpul atau sekadar nongkrong, “Kok kamu diem aja sih dari tadi?” atau, ”Lagi Badmood ya? diam banget”, pertanyaan-pertanyaan itu jadi mengingatkan saya pada Rowan Atkinson atau mungkin lebih dikenal dengan nama Mr. Bean yang benci ketika orang bertanya “Mengapa kamu begitu diam?”, karena begitulah saya.

Saya kan juga tidak bertanya kepada orang lain, “Mengapa kamu begitu berisik? Kenapa kamu banyak bicara?”, karena saya tau itu tidak sopan.

Orang berkepribadian introvert memang cenderung lebih pendiam dan banyak mengamati atau menyimak saja. Mereka lebih memilih mengenali seseorang terlebih dahulu sebelum terlibat dalam banyak pembicaraan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Dibalik Diamnya, Anak Introvert

Oleh karena itu, orang-orang tak jarang menganggap sombong, egois, atau bahkan dianggap sebagai ciri awal gangguan mental sehingga sering dikaitkan sebagai hal yang negatif. Namun sebenarnya itu adalah anggapan yang kurang tepat.

Nah, berikut ini paparan beberapa fakta seorang introvert berdasarkan pengalaman saya dan kutipan beberapa media cetak dalam menanggapi kepribadian seorang introvert.

Tidak Ingin Sendirian Terus Menerus

Meskipun para introvert mungkin perlu memiliki waktu sendiri setiap hari untuk mendapatkan kembali energi mereka, itu tidak berarti bahwa mereka ingin menyendiri sepanjang waktu. Introvert senang menghabiskan waktu dengan orang yang mereka kenal baik. 

Biasanya lingkaran pertemanan atau di kalangan anak muda sering disebut circle, introvert tidak terlalu besar. Bahkan tak jarang banyak orang yang beranggapan bahwa orang introvert tidak suka dengan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang introvert hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekat, dibandingkan dengan banyak orang.

Saya pribadi hanya memiliki satu teman dekat untuk sekadar bercerita, dan itu sudah cukup untuk saya, karena sering kali ketika berbicara dengan banyak teman membuat saya banyak menguras energi. Biasanya sehabis berkumpul dengan banyak teman terasa lelah dan rasanya ingin segera pulang untunk men-charge energi.

Meski begitu, bukan berarti orang introvert tidak dapat berinteraksi atau menghindari suatu acara dengan orang lain. Hanya saja, mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, dibandingkan bertemu dengan orang baru.

Tetapi bukan berarti saya tidak bersenang-senang atau tidak enjoy, karena seorang introvert punya cara tersendiri untuk menikmati suasana, saya sendiri lebih senang duduk di dalam ruangan untuk mengamati, menikmati pemandangan, suara, dan percakapan yang menarik.

Mereka yang introvert memiliki rasa penasaran dan ingin belajar lebih banyak tentang dunia dan orang-orang di sekitar mereka. 

Senang Mengungkapkan dalam Bentuk Menulis daripada Berbicara

Pikiran yang ada di kepala seorang introvert sering merasa tidak terstruktur ketika akan diucapkan dan salah satu meluruskan isi pikirannya adalah dengan cara menulis

Apalagi dalam menyampaikan pendapat, saya pribadi sering berpikir panjang untuk menyampaikan suatu pendapat dengan berbicara atau dalam bahasa gaul adalah ‘speak up’, karena bagi saya cukup sulit mengekspresikan ide atau saran yang ada di pikiran menjadi sebuah kata-kata, ditambah dengan suasana ramai atau banyak orang yang mendengarkan.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Kepribadian Manusia

Menghargai Privasi

Privasi adalah masalah pribadi dan harus dihormati sebaik mungkin. Apapun yang bersifat “privasi” itu memang sangat sensitif, apalagi ketika seseorang bercerita kepadamu mungkin saja kamu adalah bagian yang ia percayai untuk menjadi pendengar yang baik.

Biasanya orang yang mempunyai sifat introvert lebih menjaga privasinya, maka dari itu beruntung jika seseorang menjadi pendengar seorang introvert karena kamu mungkin orang yang terpilih sebagai orang yang jujur dan penyimpan rahasia yang baik.

Begitu pula sebaliknya, jika temanmu adalah seorang introvert maka dia akan menjadi pendengar yang baik serta tentu saja akan menghargai privasi temannya dengan cara menjaga rahasia tersebut.

Demikian adalah ciri orang introvert yang perlu kamu ketahui. Informasi ini bisa Anda pakai untuk menilai kawan dalam pergaulan di sekitar kita. Ini berguna karena kita perlu untuk memperhatikan teman dan mengerti sifat dan kecenderungan mereka masing-masing.

Penulis: Zuhrufa Salsabila Farkha
Mahasiswa Jurusan D3 Perpustakaan UNS

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI