Gerakan Revolusi BUM Desa Benjor oleh Pemdes Benjor bersama Masyarakat Benjor dengan Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Badan Usaha Milik Desa
Foto bersama Mahasiswa UNM dan Pemdes Benjor.

Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menyelenggarakan program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebagai upaya meningkatkan keterampilan mahasiswa di dunia lapangan kerja serta meningkatkan kapasitas bersosial yang baik dengan masyarakat.

Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu bentuk kerja sama perguruan tinggi dengan pemerintah sebagai upaya memberikan sumbangsih terhadap masyarakat. Seluruh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah didistribusikan ke berbagai lembaga dan salah satunya di Badan Usaha Milik (BUM) Desa Sumber Makmur Benjor.

Kelompok magang yang beranggotakan Ageng Dwi Firmansyah, Billagiatin Ilmiah Fatmawati, Esa Miyadatus Sholikhah, Firyal Fauziah Iffa Nabilla, dan Linda Ning Tyas. Kelompok magang dibimbing oleh Bapak Kukuh Miroso Raharjo, S.Pd., M.Pd..

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Dana Desa untuk Meningkatkan Infrastruktur dan Perokonomian melalui BUMDes

BUM Desa adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa (Permendes Nomor 3 Tahun 2021).

“BUM Desa Sumber Makmur sudah tidak beroperasi kurang lebih dalam kurun waktu 3 tahun, disebabkan kurangnya Sumber Daya Manusia sebagai pengelola dan pengurus BUM Desa,” ujar Nurul Hidayah selaku Direktur Pelaksana Tugas (PLT) BUM Desa tersebut saat kelompok kami melakukan koordinasi pertama kali dengan beliau.

Gerakan awal mahasiswa Departemen Pendidikan Luar Sekolah setelah identifikasi permasalahan yaitu memperbarui segala administrasi (Pembuatan AD/ART, Bagan Kepengurusan, dan reshuffle anggota kepengurusan.

Hadirnya BUM Desa Sumber Makmur Benjor sebagai salah satu usaha desa untuk meningkatkan dan memperkuat perekonomian Desa Benjor dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi Desa Benjor.

Karena masyarakat Desa Benjor banyak masyarakat yang memiliki keterampilan usaha industri pengelolaan hasil pertanian menjadi berbagai produk makanan seperti Kripik Talas, Kripik Pisang, dan Kripik Samiler.

Baca Juga: Forum Dosen Akuntansi Publik Berkomitmen Membangun Desa Melalui BUMDes

BUM Desa melakukan jalinan partnership dengan masyarakat pelaku UMKM untuk menyalurkan produksinya ke BUM Desa kemudian di-repacking dan dipasarkan.

Penulis: Ageng Dwi Firmansyah dan Linda Ning Tyas
Mahasiswa
Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI