Keindahan Pulau Nusa Penida

Keindahan Pulau Nusa Penida
Sumber: istockphoto

Nusa Penida merupakan pulau terpencil yang ada di bagian selatan Bali dan bersampingan dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Nusa Penida berlokasi di Klungkung Bali. Nusa Penida yang sekarang terkenal akan wisata yang sangat bagus sehingga wisatawan-wisatawan ingin berlibur ke Nusa Penida karena tempatnya yang instragramble.

Deretan di sampingnya amat banyak restoran dan tempat villa yang sangat bagus dan membuat wisatawan sangat menyukai tempat villa di Nusa Penida karena bisa melihat view pantai dan alam yang sangat asri.

Wisatawan tak salah lagi ingin mengunjungi Nusa Penida karena keindahan yang bisa memanjakan mata dari pantai dan tempat-tempat lainnya yang bisa dikunjungi di Nusa Penida dan kalau wisatawan ingin ke Nusa Penida harus menyebrangi laut untuk sampai Nusa Penida dan bisa menikmati keindahan dan kesejukan angin dari dalam speed boat.

Untuk wisatawan yang ingin menyebrangi Pulau Nusa Penida bisa dari Pantai Matahari Terbit yang berada di Sanur  dan Pantai Kusamba yang berada di Klungkung, Bali sedangkan bagi wisatawan yang ingin membawa mobil harus melewati kapal laut yang berada di Karangasem Bali.

Tempat yang harus dikunjungi di Nusa Penida adalah Kelingking Beach karena tempat paling favorit bagi wisatawan. Karena Pantai Kelingking berbentuk tangan kelingking dan banyak wisatawan ingin menuruni Kelingking Beach agar melihat pesona keindahan dari bawah dengan melihat pantai yang amat biru jernih itu.

Jika ingin menuruni Pantai Kelingking itu sangat amat lama karena banyak rintangan yang harus dilalui kalau kita ingin melihat keindahan Pantai Kelingking yang berada di barat yang bertempat di Desa Bunga Mekar, Br Karang Dawa, Nusa Penida.

Kalau ingin beristirahat di daerah Kelingking, bisa di restoran dan menikmati makanan di restoran yang ada di  Pantai Kelingking dan di sebelah Kelingking Beach ada Broken Beach yang tak jauh dengan lokasi Pantai Kelingking.

Keindahan Pantai Broken tak kalah bagus dengan Pantai Kelingking, Broken Beach juga tempat bagus karena tebing di tengah yang berlubang karena abrasi ratusan tahun dan Angel Bilabong yang bertempat satu lokasi dengan Broken Beach yang tebingnya amat tinggi dan membuat orang pada ingin berenang di kolam Angel Bilabong.

Di bawahnya laut yang kalau air pantai besar akan naik melewati tebing yang ada di sampingnya dan itu membuat wisatawan-wisatawan harus berhati-hati ketika berenang di Angel Bilabong dan keindahan di bawah laut sangat amat bagus dengan melihat ikan mola-mola dari traveling bawah laut atau berenang di bawah laut.

Adapun Pantai Atuh yang berada di timur tempatnya amat bagus dan bisa turun dari tangga, bisa juga mencoba ayunan di Pantai Atuh yang ada di Desa Pejukutan dan tempat lainnya yang bisa dikunjungi di Nusa Penida.

Keindahan Nusa Penida sangat beragam. Walaupun Nusa Penida merupakan pulau terkecil tetapi keindahannya sangat memanjakan mata bagi para wisatawan-wisatawan yang berkunjung di Nusa Penida.

Bukan hanya tempat wisata saja yang ada di Nusa Penida, Anda bisa Bertirta Yatra ke Pura Nusa Penida yaitu Pura Penataran Ped yang berada di Desa Ped, Pura Goa Giri Putri yang berlokasi di Desa Suana, dan Pura Peluang yang berada di Desa Bunga Mekar Br. Behu Nusa Penida bagi umat beragama Hindu yang mau tangkil ke Nusa Penida dan Pura Roro Kidul yang memiliki nuansa hijau yang berada di Br. Peguyangan, Batukandik, Nusa Penida.

Penulis: Ni Putu Ayu Pika Nilawati
Mahasiswa Bahasa Indonesia Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI