Kerja Sama Mahasiswa UMM dan Wisata Petik Madu: Dorong Kebangkitan Wisata Edukatif

Malang 

Tak hanya melakukan pembelajaran secara teori, siapa sangka kelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok Akusara, mampu menjalin kolaborasi dengan Wisata Petik Madu.

Wisata Petik Madu merupakan tempat wisata edukasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 dan menjadi satu-satunya wisata edukasi lebah madu yang ada di Malang.

Dalam kolaborasi ini, Akusara menerapkan ilmu tentang riset dan manajemen strategi public relations, untuk mengidentifikasi masalah internal dan eksternal Wisata Petik Madu. Kemudian, mereka membuat rancangan acara yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Bacaan Lainnya
DONASI

Hasil riset yang telah mereka lakukan dipaparkan secara langsung kepada pihak pengelola, Pada agenda presentasi atau pitching tanggal 18 Mei 2024 di gazebo Wisata Petik Madu. Agenda ini merupakan bagian dari Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah Praktek Public Relations dan Manajemen Event.

Baca juga: Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan Mengadakan Gerakan Sehat Senam di Wisata Baru Gama Indah di Dusun Gluntung Lor

Jamroji S. Sos, M. Comms, selaku dosen pengampu mata kuliah ini turut hadir untuk menilai dan memberi masukan tentang ide kreatif yang mereka paparkan.

Kolaborasi Akusara dan Wisata Petik Madu melahirkan sebuah acara bernama “Petualangan Lebah” yang bertujuan untuk membangkitkan wisata edukatif di industri pariwisata, sebagai sarana pendukung pembelajaran khususnya tentang lebah madu, sesuai dengan visi Wisata Petik Madu.

Hendro selaku pengelola, memberikan apresiasi atas kolaborasi ini dan berharap dapat membawa dampak yang besar, untuk mengembangkan Wisata Petik Madu menjadi wisata edukasi yang memiliki pondasi nilai-nilai pendidikan yang kuat.

Baca juga: Peran Sektor Pariwisata terhadap Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

“Saya turut senang atas ide-ide kreatif yang para mahasiswa berikan, dan saya mengharapkan bahwa acara yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan sukses”, Ujarnya.

Acara Petualangan Lebah memiliki tiga serangkaian kegiatan, meliputi: Pra acara, Inti acara, dan Pasca acara yang melibatkan guru sekolah dan siswa sekolah dasar.

Husni Alfayyadh selaku pemimpin Akusara, mengutarakan rasa senang dan bangga atas kolaborasi yang memberikan banyak ilmu berharga.

“Saya merasa senang dan bangga. Kolaborasi ini memberikan banyak ilmu bagi saya dan teman-teman Akusara”, Ujarnya.

Baca juga: Pengalaman Magang sebagai Public Relations di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto

Semangat para mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM, dalam berkolaborasi dengan Wisata Petik Madu, diharapkan menjadi langkah awal untuk mengembangkan kreativitas dan berkontribusi, dalam bidang manajemen public relations sehingga, dapat memberikan banyak manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.

Penulis:

1.Husni Alfa

2.Tiara Risky

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.