Kreatif! Botol Bekas Disulap Menjadi Pot Bunga oleh Mahasiswa UMM Bersama Siswa SDN Mojolangu 2 Malang

Mahasiswa UMM Bersama Siswa SDN Mojolangu 2 Malang
Mahasiswa UMM Bersama Siswa SDN Mojolangu 2 Malang.

Dalam rangka mengenalkan kesadaran cinta lingkungan sejak dini, Pengabdian pada Masyarakat oleh mahasiswa UMM kelompok 39 melaksanakan PMM di SDN Mojolangu 2, Mojolangu, Malang, menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan limbah botol bekas untuk membuat pot bunga kreatif dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Nafik Muthohirin, S.Pd.I., M.A., Hum.

“Pelatihan diikuti 28 siswa kelas 4 SD Negeri Mojolangu 2 Malang, pada hari Jumat,” demikian diungkapkan koordinator kegiatan Dwi Indah Saputri.

Lebih lanjut, para mahasiswa menjelaskan latar belakang pelatihan pemanfaatan limbah botol bekas untuk membuat pot bunga kreatif didasari keprihatinan rendahnya kesadaran anak-anak untuk melestarikan lingkungan.

Dipilihnya barang bekas botol karena mudah didapatkan, serta kreativitas pemanfaatan barang bekas seperti botol tersebut yaitu solusi yang tepat guna mengubah sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Wali kelas 4 SDN Mojolangu 2 Nurul Susianto, S.Pd. mengapresiasi kegiatan tersebut karena kegiatan tersebut selain menambah kreativitas anak-anak juga memberi kesadaran bahwa botol bekas bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat.

”Kegiatan tersebut sangat kreatif dan menginspiratif bagi kita semua, terutama untuk anak-anak, mereka bisa menuangkan ide-idenya dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar dari yang bekas pakai menjadi sesuatu yang bermanfaat, terima kasih untuk mas-mas dan mbak-mbak semua atas kebersamaannya, anak-anak merasa kehadirannya paling berkesan dari yang lainnya, semoga  sukses selalu untuk semuanya dan silaturahmi tetap terjalin dengan baik,” ujar Nurul Susianto, S.Pd. selaku wali kelas.

Di saat pemberian materi berlangsung, mahasiswa memberikan langkah-langkah dalam pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas menjadi sebuah pot bunga yang cantik.

Semasa sesi pemaparan materi oleh mahasiswa UMM, terlihat betapa antusiasnya mereka untuk memahami dan mencoba. Ini terlihat saat kegiatan dilakukan dengan penuh semangat sehingga semuanya berjalan dengan baik dan hasilnya memuaskan.

Setelah kegiatan berkreasi dengan botol yang dicat menggunakan cat acrylic selesai, salah satu murid kelas 4 bernama Fira mengatakan, “Seru kak, bisa buat tempat pensil di rumah sama buat jadi pot bunga,” ucapnya.

Tujuan dari kegiatan PMM ini adalah memperkenalkan cara mencintai dan merawat lingkungan dengan baik dengan menciptakan kreasi dari botol bekas atau sampah agar lingkungan menjadi asri dan tidak tercemar penyakit atau wabah yang ada serta sangat banyak pemanfaatan dari sampah itu sendiri terutama dari botol plastik bekas yang bisa digunakan untuk menjadi pot bunga, tempat pensil maupun kreasi lainnya.

Penulis: Anugerah Febrian Adhira Mulya
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.