Latih Anak-anak TK PKK 14 Tirtosari, Bersama KKN UAD Kenalkan Budaya Tari Sejak Dini

Kenalkan Budaya Tari Sejak Dini
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit VI.C.1 Bersama Anak-anak TK PKK 14 Tirtosari (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Mulekan II – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata periode 119, unit VI.C.1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta meperkenalkan serta melatih kesenian tari terhadap anak-anak TK PKK 14 Tirtosari Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Senin (26/2/2024).

Mengusung tema “Gerakku adalah Seni” dibalik maraknya dance K-pop, sangat mengkhawatirkan budaya lokal akan luntur karena pengaruh luar, selain itu juga karena kurangnya edukasi, publikasi, serta minat seseorang terhadap kesenian. Sehingga, penting sekali memperkenalkan kesenian terhadap anak-anak sejak dini agar mereka merasa bangga budaya lokal tak kalah dengan budaya luar.

Kegiatan ini berlangsung di lokasi TK PKK 14 Tirtosari dengan dihadiri sekitar 14 anak-anak. Tari daerah yang diajarkan adalah tari Kembang Pasuruan yang berasal dari Jawa Timur. Pelatihan ini disambut dengan antusias peserta karena nampak pada wajah anak-anak yang sangat bersemangat.

Bacaan Lainnya
DONASI

Sangat bagus, menambah tari kreasi baru pada anak karena anak-anak sekarang terkadang sudah tidak kenal dengan budaya, karena hal itu perlu dikenalkan sejak dulu”. Ujar ibu Sudarmiyati selaku kepala sekolah

Pelatihan ini dilatih oleh mahasiswi KKN Risnaida Ratri Andini dari program studi kesehatan masyarakat sebagai instruktur tari yang memiliki bakat dibidang tari daerah, tarian tersebut dijelaskan terlebih dahulu makna dari tari tersebut setelah itu diajarkan gerakan dasar.

Tari Kembang Pasuruan yang berasal dari Jawa Timur dipilih sebagai tarian yang diperkenalkan ke anak-anak perempuan TK karena Kembang Pasuruan merupakan tarian kreasi baru sebagai simbolis untuk wanita. Tarian ini diciptakan oleh  koreografer dengan fenomena penggambaran sebagai salah simbol kota (pusat perhatian), sama dengan layaknya seorang penari putri cantik yang menjadi “Pusat Perhatian” pada saat penyambutan tamu yang datang.

Judul Kembang Pasuruan di ambil dari kata “Kembang” artinya bunga yang indah layaknya seorang penari (pusat perhatian) dan “Pasuruan” berasal dari nama Kota Pasuruan. Tarian ini diperkenalkan kepada anak-anak TK dengan tujuan memunculkan rasa cinta budaya Jawa yang beragam dan memperkenalkan rasa percaya diri kepada anak-anak perempuan TK PKK 14 Tirtosari Bahwa perempuan yang menari akan menjadi pusat perhatian dan akan menjadi indah layaknya bunga yang bermekaran”, ujar Risna selaku perwakilan mahasiswi KKN unit VI.C.1

Tak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini, kami mahasiwa KKN berharap pelatihan ini menciptakan dan meningkatkan kecintaan, minat serta bakat anak-anak dalam melestarikan budaya kesenian tari daerah.

 

Penulis: KKN Reguler UAD KE-119 VI. C. 1 Kretek, Bantul
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI