Lewat Minat dan Hobi, ini Kisah Inspiratif Rega Agistilava

Kisah Inspiratif
Dokumentasi bersama Tokoh Inspiratif (Sumber: Penulis)

Rega Agistilava, seorang mahasiswi tingkat akhir jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Suryakancana Cianjur.

Rega merupakan anggota dari organisasi penyuka sastra yaitu Ruang Sastra Cianjur dan Ngawitan Ruang Tumbuh. Memang tidak heran, karena Rega Agistilava ini sudah mempunyai hobi menulis cerita sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Sejak saat itu, Rega pun mulai mengenal karya sastra lain seperti puisi, prosa dan lain-lain. Tak jarang ia sering mengikuti perlombaan perlombaan tentang sastra baik itu di tingkat daerah atau nasional.

Bacaan Lainnya
DONASI

Hal ini juga lah yang menjadi salah satu alasan Rega mengambil program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Surayakancana Cianjur.

Rega mengatakan bahwa dia sangat tertarik dalam bidang sastra dan dia pun juga berkeinginan untuk mendalami lebih jauh tentang sastra.

Selain itu menurut Rega bidang sastra memiliki banyak kesempatan bagi yang ingin berkarir disana, apalagi sekarang sedang maraknya konten konten di Tiktok yang berkaitan dengan sastra seperti tulisan puisi, visualisasi puisi menjadi video, podcast, dan parodi film.

Jadi untuk itu bidang sastra ini juga penting untung dijadikan pilihan dalam berkarir di masa sekarang.
Selain itu, orang yang memotivasi Rega untuk menulis sastra yaitu M. Aan Mansyur yang berprofesi sebagai penulis puisi dan cerita pendek.

Rega sangat menyukai tulisan-tulisan karyanya, sehingga memotivasi Rega untuk menulis sastra. Hal ini jugalah yang membuat Rega semakin menyukai sastra.

Menurut Rega, generasi muda saat ini sangat penting untuk belajar tentang sastra karena sastra bisa dijadikan kesempatan untuk berkarir, selain itu dengan belajar sastra bisa memberikan kita pengalaman pengalaman belajar yang luar biasa seperti kehidupan, hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, manusia dengan tuhan, hal itu semua dapat di ambil dari sastra.

Walaupun Rega belum pernah menerbitkan sebuah buku, namun ia berharap semoga suatu saat bisa menerbitkan buku tentang sastra.

Meski begitu Rega memiliki 2 puisi yang dimuat di salah satu buku antologi puisi yang ditebitkan oleh penerbit loka media bogor dengan judul “Sajak untuk Diri Sendiri” dan ada beberapa juga yang dimuat di Sumenep Pikiran Rakyat.

Tips dari Rega agar menyukai sastra yaitu mencoba untuk mulai membaca bacaan bacaan ringan seperti cerpen, novel, dan bisa juga dengan mendengarkan podcast podcast yang disesuaikan dengan suasana hati.

Penulis: Bunga Sekar Kinasih
Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI