Magang UNTAG: Pengelolaan Media Sosial @JTV_Surabaya dalam Mempertahankan Eksistensi dengan Membangun Interaksi terhadap Khalayak Media Sosial

Magang
Dokumentasi Kegiatan Magang oleh Mahasiswa (Sumber: Penulis)

Magang reguler merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh Universitas 17 Agustus sebagai sarana penguatan mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman praktik kerja.

Dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yaitu telah menempuh 100 SKS dan minimal pelaksanaan 1 bulan.

Dalam kesempatan ini Elly Nur Agustin dari Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berkesempatan melaksanakan magang pada instansi JTV Surabaya.

Bacaan Lainnya
DONASI

JTV Surabaya merupakan sebuah stasiun televisi di Surabaya yang juga menjadi salah satu pelopor perkembangan dan pertumbuhan televisi lokal di Indonesia.

Jawapos Media Televisi atau yang biasa dikenal sebagai JTV, merupakan anak perusahaan media besar ternama di Indonesia, yakni Jawa Pos Group.

JTV merupakan kanal TV yang menyajikan program-program hiburan, edukatif dan informatif dengan mengangkat konten-konten kearifan lokal. JTV merupakan salah satu alternatif untuk menjadi perekat budaya terhadap masyarakat Jawa Timur.

Peserta magang dalam perkuliahan memilih peminatan pada New Media. Sehingga dalam pelaksanaannya disesuaikan agar ilmu dan peminatan yang akan diimplementasikan dapat terlaksanakan dengan maksimal.

Dalam mengikuti magang di JTV, penulis ditempatkan pada divisi sosial media yang bertanggung jawab untuk mengelola sosial media JTV agar mampu bersaing di era digitalisasi ini.

Dalam divisi sosial media ini penulis berfokus pada bidang creator infografis yang berkontribusi dalam pembuatan grafis mengenai kilas berita yang diawali dengan menganalisa berita yang terdapat di portaljtv.com dengan tujuan agar berita yang dimiliki oleh JTV dapat diunggah ke media sosial sehingga mendapatkan banyak interaksi dan diketahui oleh khalayak media sosial.

Penulis juga berkontribusi dalam pembuatan konten agar tayangan di JTV memiliki variative sehingga memiliki banyak peminat.

Penulis juga bertugas untuk membantu tim dalam pembuatan caption sebagai pendukung konten yang di upload melalui sosial media agar dapat dipahami oleh khalayak sosial media.

Dalam pelaksanaan magang ini skill penulis yang di peroleh dalam perkuliahan menjadi sebuah bekal peserta magang untuk melaksanakan magang dengan maksimal.

Peserta magang mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam dunia kerja nyata juga mengetahui bagaimana pola pengembangan media sosial JTV di era digitalisasi.

Hal ini sangat disyukuri oleh penulis karena dapat mengikuti kegiatan magang reguler dengan lancar dan sukses serta mendapat pengalaman dan pembelajaran baru bagi penulis.

Penulis mengucapkan rasa terimakasih JTV yang telah memberi kesempatan ruang untuk melaksanakan magang.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan Bapak Moh. Dey Prayogo, S.I.Kom.,M.I.Kom selaku dosen pembimbing karena telah membantu persiapan dan pengarahan terhadap peserta magang.

Penulis: Elly Nur Agustin
Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI