Mahasiswa PMM UMM Membina Kepenulisan dan Publikasi Karya Tulis di SD Muhammadiyah 08 Dau

PMM UMM
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kami tim pengabdian Kelompok 103 tahun 2022 memiliki program kerja untuk pembimbing kepenulisan dan publikasi karya tulis.

Dalam pengabdian ini, kami didampingi oleh dosen kami Murtyas Galuh Danawati dan Bu Inanny Mukhlishina selaku Dosen pembimbing lapangan kami.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh tim pengabdi di SD Muhammadiyah 08 Dau yang berjudul Pendampingan Pelaksanaan Literasi Digital, hal ini dilatarbelakangi dengan kurangnya literasi digital yang ada di SD Muhammadiyah 08 Dau.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh tim pengabdi di SD Muhammadiyah 08 Dau yang berjudul Pendampingan Pelaksanaan Literasi Digital.

Pada tanggal 14 November 2022 tim pengabdi melakukan pengenalan mengenai penulisan menggunakan aplikasi Wattpad dengan baik kepada peserta didik yang dimana peserta didik diberikan arahan oleh tim tentang cara menulis yang baik dan benar.

Dalam program menulis ini banyak sekali peserta didik yang sangat excited untuk mengikuti program ini, sebanyak 20 peserta didik yang ikut serta dalam program ini.

Peserta didik yang mengikuti program ini memiliki karakteristik dengan cara berfikir yang kreatif dalam merangkai kalimat dan membuat cerita sehingga mereka sangat senang dengan adanya program ini di sekolah.

Setelah melakukan arahan, peserta didik diminta untuk membuat cerita sesuai dengan arahan yang diberikan oleh tim pengabdi.

Pada pembuatan cerita, tim tidak memberikan ketentuan. Namun sesuai dengan kemampuan dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

Tim memberikan waktu kepada peserta didik untuk membuat cerita selama 3 hari, setelah selesai membuat cerita kemudian cerita tersebut dikumpulkan terhadap tim pengabdi untuk dilakukan publikasi.

 

Penulis: Safira Elsa Pramudita
Mahasiswi PGSD, Universitas Muhammadiyah Malang

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI