Mahasiswa Universitas Quality Mampu Menyesuaikan Pendidikan dengan Perubahan Kebutuhan Global

Mahasiswa Kelas 2A31 Kelompok 2, Prodi PGSD, Universitas Quality bersama Dosen.
Mahasiswa Kelas 2A31 Kelompok 2, Prodi PGSD, Universitas Quality bersama Dosen. (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Era globalisasi yang terus berkembang, menjadikan peran Perguruan Tinggi khususnya mahasiswa, menjadi krusial dalam menghadapi dinamika perubahan kebutuhan global. Artikel ini membahas kemampuan adaptasi mahasiswa Universitas Quality dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut melalui pendidikan tinggi.

Pendidikan adalah suatu proses atau upaya sistematis yang dirancang untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan norma-norma budaya dari generasi yang satu ke generasi berikutnya. Ini melibatkan interaksi antara pengajar dan peserta didik, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi kognitif, sosial, emosional, dan fisik individu.

Pendidikan dapat terjadi di berbagai tingkatan, mulai dari pendidikan formal di sekolah dan perguruan tinggi hingga pendidikan informal melalui pengalaman sehari-hari dan interaksi sosial.

Bacaan Lainnya
DONASI

Keseluruhan, pendidikan berperan penting dalam membentuk individu dan masyarakat serta memainkan peran kunci dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa  untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang strategi adaptasi yang digunakan oleh mahasiswa.

Globalisasi membawa perubahan signifikan dalam tuntutan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat global. Mahasiswa Universitas Quality dihadapkan pada tanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan adaptasi guna berhasil dalam menghadapi perubahan kebutuhan global tersebut.

Pembahasan ini melibatkan partisipan dari berbagai program studi di Universitas Quality. Melalui wawancara mendalam, penelitian ini menggali pengalaman dan strategi adaptasi mahasiswa dalam menghadapi perubahan kebutuhan global di tingkat pendidikan tinggi.

Hasil pembahasan menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Quality memiliki kemampuan adaptasi yang baik melalui partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, magang dan pengembangan diri di luar ruang kelas.

Mereka juga menunjukkan kesadaran yang tinggi terhadap dinamika global dan upaya untuk terus meningkatkan kompetensi mereka (mahasiswa Universitas Quality) bersama salah satu dosen Universitas Quality, Hasni Suciawati,S.Pd., M.Pd, memainkan peran kunci dalam menyesuaikan pendidikan tinggi dengan perubahan kebutuhan global.

Strategi adaptasi yang mereka gunakan mencakup pengalaman praktis, pembelajaran lintas disiplin dan pemberdayaan diri untuk terus belajar dan berkembang.

Mahasiswa universitas quality mampu menyesuaikan pendidikan dengan perubahan kebutuhan global dapat  memberikan wawasan tentang bagaimana perguruan tinggi dapat mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi masa depan yang dinamis dan penuh tantangan.

 

Penulis: Mahasiswa Kelas 2A31 Kelompok 2
Dosen Universitas Quality: Hasni Suciawati, S.Pd.,M.Pd
Program Studi: PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Medan

 

Editor: I. Chairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI