Mahasiswa UNTAG Bantu Industri Rumahan Kaos Kaki dalam Efisiensi Kerja dan Perluasan Jaringan Konsumen

UNTAG Bantu Industri Rumahan

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) agar para mahasiswa dapat berkontribusi dan terjun di lapangan untuk membantu masyarakat. Akibat adanya pandemi Covid-19, pihak UNTAG Surabaya melaksanakan KKN secara individu dengan lingkup terbatas sesuai domisili tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Yohana Lilian merupakan satu di antara mahasiswi UNTAG Surabaya yang melaksanakan KKN dengan membantu UMKM. Ia memilih untuk berkontribusi di Rumah Industri kaos kaki yang berada di desa Sawotratap, kecamatan Gedangan, kabupaten Sidoarjo.

Rumah Industri kaos kaki bernama “Yulian” yang didirikan oleh Ibu Yanti merupakan usaha yang telah ada sejak tahun 2017. Dengan berjalannya waktu, usaha tersebut diolah oleh beberapa pegawai. Rumah industri tersebut memproduksi kaos kaki berbahan kaos spanduk kepada sekolah di Indonesia mulai dari TK hingga SMA.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Mahasiswa UNTAG Surabaya Terapkan Digital Marketing Via Media Sosial pada UMKM

Selama lima tahun, rumah industri Yulian hanya memiliki satu konsumen tetap yaitu salah satu yayasan sekolah yang terkenal dengan kebahariannya. Selain itu, selama menjalankan usaha ini, pihak Yulian mengalami kesulitan pada bagian pengantaran produk.

Proses packing kaos kaki

Dalam pengawasan oleh Bapak Maulana Arief, S.Sos., M.I.Kom selaku dosen pembimbing, Yohana membantu pihak rumah industri kaos kaki dengan mempromosikan produknya pada sekolah lain untuk memperluas jaringan konsumen yakni mendapatkan pelanggan baru.

Selain itu, karyawan dari rumah industri juga mendapat bimbingan mengenai media sosial sebagai wadah untuk memasarkan produk dan membranding diri. Rumah industri Yulian yang sebelumnya tidak memiliki web resmi, kini telah memiliki web resmi dan memiliki identitas seperti logo yang tertempel di kemasan produk dan juga brosur. Dalam hal pengantaran barang secara online juga telah dapat dilakukan oleh pihak karyawan untuk membantu efisiensi kerja.

Baca Juga: Mahasiswa Untag Surabaya Dorong Pelaku Seni Minggirsari Optimalkan Media Sosial sebagai Wadah Pemasaran

Bimbingan mengenai media sosial pada karyawan rumah industri kaos kaki

Pemilik rumah industri kaos kaki Yulian berterima kasih kepada UNTAG Surabaya atas kegiatan yang dilaksanakannya memberikan dampak-dampak yang positif bagi para pengusaha UMKM yang tengah berjuang di saat pandemi Covid-19 yang sempat menghambat proses kerja.

Baca Juga: Program Membangun Desa Untag Surabaya: Pengembangan UMKM Desa Pekarungan melalui Legalitas Usaha

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Yohana Lilian
Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI