Mempopulerkan Event & Kebudayaan Kabupaten Lamongan melalui Sosial Media

Kabupaten Lamongan
Mahasiswa magang UNTAG.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) merupakan salah satu kampus swasta favorit yang ada di Kota Surabaya. Selama masa perkuliahan banyak hal maupun kegiatan yang harus dilakukan dari mulai akademik maupun kegiatan di luar kampus seperti magang, KKN, dan sebagainya sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa.

Ada salah satu kegiatan luar kampus yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik salah satunya yaitu “Program Magang” yang dapat dilakukan dengan syarat bahwa mahasiswa telah menempuh 100 SKS selama perkuliahan.

Dalam program magang ini mahasiswa bukan hanya dapat menerapkan dan memahami soft skill dan hard skill-nya, melainkan mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa serta dapat menikmati dan mempelajari keberagaman budaya, adat, dan kehidupan sosial yang ada disalah satu tempat program magang itu berlangsung.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kesempatan tersebut telah dilakukan oleh Egy Maulana Surya Adi Pranata sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi sekaligus penulis yang telah melaksanakan program magang di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan pada posisi Bidang Pemasaran.

Program magang ini berlangsung selama 30 hari dengan didampingi oleh Bapak Drs. Edy Sudaryanto, M.I.Kom. selaku dosen pembimbing dan Bapak Eddy Sutrisno, S.E., M.M. selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan ingin mengenalkan dan mempromosikan berbagai macam budaya dan kegiatan rutin tahunan yang diadakan di Kabupaten Lamongan, di antaranya: Batik Carnival, Festival Gayung Perahu Tradisional, Festival Tahu Campur, Pawai Budaya dan Pembangunan, Festival Rajungan, Yakyuk Lamongan, dan masih banyak lagi.

Selama mengikuti program magang di bidang pemasaran, penulis juga bertanggung jawab untuk merancang, memperkenalkan, dan mendokumentasikan setiap kegiatan atau event yang sedang berlangsung dan dari hasil dokumentasi tersebut akan diunggah pada laman sosial media Instagram Disparbud Lamongan @lamongantourism, dalam akun Instagram tersebut banyak sekali event-event yang berlangsung setiap tahunnya, terdapat juga beragam foto-foto serta video dokumentasi sehingga masyarakat Lamongan maupun di luar kota dapat merasakan kemeriahan dan keunikan dari Kota Lamongan itu sendiri.

Pada posisi Pemasaran ini penulis bukan hanya mengelola akun sosial media Disparbud, namun penulis juga banyak belajar dan berkesempatan untuk mempraktikkan secara langsung mata kuliah yang pernah dipelajari di Universitas seperti Fotografi, Penyuntingan video, pemberitaan di sosial media, dan penulisan keterangan.

Selain kegiatan indoor adakalanya penulis juga melakukan aktivitas outdoor selama magang, seperti mendokumentasikan setiap event dan dari dokumentasi tersebut nantinya akan diedit menjadi konten dan diunggah di sosial media Disparbud.

Penulis selama program magang mengikuti berbagai event yang dilaksanakan pada saat itu, banyak orang-orang penting yang hadir dan ikut serta dalam meramaikan acara tersebut, sehingga penulis juga berkesempatan bertemu dengan Bapak Bupati Lamongan Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA. dan Ibu Dyah Roro Esti, B.A., M.Sc. serta orang-orang penting lainnya.

Event penutup yang penulis lakukan sebelum program magang berakhir yaitu pemilihan Yakyuk Lamongan, event tersebut merupakan salah satu event besar yang menghadirkan banyak anak muda Kota Lamongan yang berdedikasi dan memiliki wawasan yang luas untuk mewakili anak muda Kota Lamongan.

Dengan pengalaman yang telah didapatkan selama program magang berlangsung, penulis berharap semoga kedepannya Kota Lamongan selalu konsisten dalam mengadakan event-event tersebut, sehingga Kota Lamongan memiliki khas tersendiri dan menjadi salah satu kota kebanggaan di Provinsi Jawa Timur.

Penulis: Egy Maulana Surya Adi Pranata
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor dan Bahasa: Nurul Chomariah S.H.

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

 

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI