Menarik! Mahasiswa KKN UAD Gelar Market Day Sederhana Berbasis Numerasi di SD Negeri Mejing dan SD Muhammadiyah Ngentak

Mahasiswa KKN UAD Gelar Market Day Sederhana
Mahasiswa KKN UAD Gelar Market Day Sederhana Berbasis Numerasi (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XV.B.2 Dukuh Klepu Kelurahan Banjararum Kecamatan Kalibawang Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta dibawah bimbingan Bapak Fariz Setyawan, M.Pd mengadakan kegiatan Pelatihan Market Day sederhana kepada siswa-siswi kelas 3 (tiga) SD Negeri Mejing pada tanggal 16 Februari 2024.

Arina Ifada, salah satu mahasiswa KKN, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi Pengenalan Numerasi bagi siswa SD yang diharapkan dapat meningkatkan jiwa wirausaha siswa sejak dini. Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar siswa, kemampuan menghitung cepat, kemampuan mengenal mata uang, dan pemahaman mengenai pasar serta jenis-jenisnya.

Market Day berbasis Numerasi merupakan sebuah media atau sebuah model pembelajaran yang menggandeng siswa dalam project nyata baik itu berbentuk produk yang kemudian dipasarkan kepada teman-teman dan guru melalui kegiatan bazar sederhana di kelas yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UAD Unit XV.B.2.

Bacaan Lainnya
DONASI

Dalam kegiatan tersebut para siswa menjual snack atau makanan ringan, coklat, dan permen yang dijual mulai dari harga 500 rupiah. Kegiatan tersebut disambut positif oleh Ibu Hayati, S.Pd selaku Kepala Sekolah dan siswa-siswi kelas 3 (tiga) di SD Negeri Mejing.

Kegiatan Market Day memang sangat bagus dan di SD sebelumnya juga sudah diterapkan, biasanya setiap hari Jum’at anak-anak membawa makanan yang dibuat oleh orang tua mereka kemudian dijual ke teman-temanya, guru, maupaun wali murid” ungkap Kepala Sekolah Hayati, S.Pd.

Kegiatannya seru banget habis jualan dapat uang jadi uang saku bertambah terus juga bisa belajar menawar seperti di pasar “, ucap Raziq siswa kelas 3 SD Negeri Mejing.

Selain itu, Bapak Fariz Setyawan memberikan pelatihan numerasi bagi guru-guru di SD Muhammadiyah Ngentak. Pelatihan ini bertujuan sebagai bentuk penyegaran dan upaya untuk meningkatkan skor numerasi di rapor Pendidikan sekolah.

Sekolah menyambut gembira pelaksanaan pelatihan baik dilakukan oleh mahasiswa KKN UAD di SDN Mejing maupun di SD Muhammadiyah Ngentak di Kelurahan Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

Penulis: KKN UAD XV.B.2 KLEPU
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI