Menembus Dunia Film: Pengalaman Magang Seru di Visinema Pictures Jakarta

Pengalaman Magang di Visinema Pictures Jakarta
Potret Penyelenggara Gala Premier Film “13 Bom di Jakarta” (21/12) (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Jakarta – Pada saat ini mahasiswa didorong untuk memiliki pengalaman dan keterampilan di dunia kerja agar mahasiswa dapat segera terjun di lingkungan kerja setelah lulus nanti.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi memberikan wadah kepada mahasiswa untuk dapat merasakan pengalaman magang di beberapa instansi melalui program Magang Bersertifikat yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Pada program ini, mahasiswa dituntut untuk melakukan magang selama 6 bulan atau setara dengan 20 SKS yang akan dikonversikan dengan matakuliah yang sesuai dengan jurusan atau bidang mahasiswa di Universitas.

Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta, pada semester ini memfokuskan para mahasiswa pada program Kampus Merdeka termasuk juga Magang Bersertifikat.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terkhusus program studi Ilmu Komunikasi UNISRI Surakarta pada semester ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa semester 5 dan 7 untuk mengikuti program Magang Bersertifikat di beberapa instansi di Indonesia.

Salah satu mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi FISIP UNISRI dengan nama Mega Irma Suryanti, mendapatkan kesempatan untuk dapat magang di Visinema Pictures Jakarta.

Visinema Pictures sendiri merupakan salah satu production house yang ada di Indonesia dan telah memproduksi beberapa film yang cukup terkenal di khalayak luas seperti, Keluarga Cemara, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, hingga Mencuri Raden Saleh.

Selama magang di Visinema Pictures, banyak pengalaman yang didapatkan oleh Mega. Ia ditempatkan pada divisi distrubusi dimana tugas dari divisi ini adalah mendistribusikan film-film yang diproduksi oleh Visinema untuk ditayangkan di bioskop maupun festival-festival film baik nasional maupun internasional.

Di divisi ini, Mega memiliki jobdesk untuk menghitung jumlah penonton secara realtime film yang sedang tayang dan diproduksi Visinema Pictures. Selain itu, pengalaman magang yang di dapat Mega tidak hanya seputar tentang divisi distribusi saja.

Ia berkesempatan untuk mengikuti serangkain pasca produksi dari film yang akan tayang dari Visinema yaitu film “13 Bom di Jakarta” yang akan tayang pada 28 Desember 2023. Dimana Mega memiliki kesempatan untuk mengikut acara mulai dari Press Conference release poster hingga Gala Premier film “13 Bom di Jakarta”.

Dokumentasi press conference film ‘13 Bom di Jakarta’ (26/10)

Bukan hanya itu, Mega juga mendapat kesempatan untuk menjadi Master Of Ceremony (MC) di sebuah acara pemutaran dan diskusi film yang berjudul “Payung Dara” di Jakarta. Acara ini diselenggarakan di Amphere Theater Visinema Pictures Jakarta serta acara ini dihadiri oleh para filmmaker dari beberapa kota di Indonesia.

Bagi Mega, menjadi MC di acara ini merupakan pengalaman pertama ia sebagai MC dan Mega juga mendapat banyak pembelajaran mengenai dunia film berupa bagaimana proses pembuatan sebuah film, bagaimana film itu dapat berkesan bagi mereka yang menonton film tersebut hingga pesan yang terdapat pada film itu sendiri.

Dokumentasi acara pemutaran dan diskusi film ‘Payung Dara’ di Jakarta (08/11)

Banyak pengalaman berharga yang didapat selama Mega magang di Visinema Pictures Jakarta. Ia merasa beruntung mendapat kesempatan untuk magang disini dan belajar banyak hal yang mungkin tidak akan ia dapatkan ketika dia belajar di kampus.

Menurutnya, kegiatan magang ini sangat diperlukan mahasiswa agar para mahasiswa dapat mengenal dunia kerja sebelum mereka terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Dimana apa yang didapat ketika kita magang itu sangat berguna ketika kita sudah lulus dari kuliah dan masuk ke dunia kerja.

 

Penulis: Mega Irma Suryanti
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI