Metode Belajar Menjadi Penentu Kesuksesan Pendidikan

Metode Belajar
Metode Belajar.

Pendidikan di Indonesia telah didesain sedemikian rupa agar selaras dengan perkembangan teknologi di dunia. Kurikulum Merdeka menjadi contoh bahwa pendidikan di Indonesia sedang dibenahi agar peserta didik mampu untuk berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Hal ini perlu ditunjang dengan metode belajar yang tepat sehingga anak mampu mengikuti pembelajaran tanpa merasa kesulitan dalam belajar. Metode belajar yang salah dapat menjadi salah satu hambatan pelajar dalam memahami materi.

Metode belajar adalah suatu proses yang terstruktur dan sistematis agar proses belajar dan menerima informasi dapat lebih terarah dan efektif. Metode yang digunakan oleh setiap individu dapat berbeda-beda tergantung dengan kemampuan dan kebutuhan individu itu sendiri.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pelajar perlu mengenali beberapa metode belajar yang tepat agar kegiatan belajar dapat menjadi menyenangkan. Terdapat beberapa metode belajar, yang dapat diterapkan oleh seluruh pelajar di Indonesia dan sudah terbukti secara langsung oleh para ahli.

Feynman technique adalah salah satu contohnya. Feynman technique merupakan teknik belajar di mana seseorang mengajarkan suatu hal atau topik kepada orang lain. Teknik ini dapat dilakukan secara langsung maupun bersikap seolah-olah sedang mengajari orang lain dengan bahasa yang mudah dipahami.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang dapat memahami materi dan mengingat lebih lama apabila orang tersebut mampu untuk menjelaskan isi materinya kepada orang lain.

Metode ini dikenal cukup efektif bagi pelajar karena metode ini menyederhanakan topik ataupun gagasan dan mengungkapkannya dalam bahasa yang ringkas.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan apabila menggunakan feyman technique di antaranya adalah memilih topik yang akan dipelajari, menjelaskan topik tersebut seolah-olah kepada pemula ataupun anak kecil dengan bahasa yang dianalogikan dengan kehidupan sehari-hari, mengidentifikasi dan menandai topik yang sulit, dan langkah terakhir adalah mengulangi proses ini sampai mendapatkan pemahaman dengan jelas.

Pomodoro juga dapat menjadi salah satu pilihan dalam belajar. Pomodoro adalah suatu teknik belajar yang diciptakan dengan memanfaatkan waktu dan mengutamakan fokus ketika belajar.

Teknik pomodoro cocok untuk seseorang yang tidak bisa belajar ataupun bekerja dalam waktu yang panjang dan membutuhkan jeda istirahat di antara waktu tersebut.

Pomodoro dapat disesuaikan tergantung kebutuhan maupun kemampuan tiap individu, namun umumnya teknik ini diatur dengan membagi menjadi 4 sesi dengan sesi 1 selama 25 menit fokus dan 5 menit istirahat. Setelah 4 sesi, waktu istirahat dapat diperpanjang misalnya menjadi 15 menit.

Teknik ini juga melatih seseorang agar tetap konsisten terhadap waktu yang telah disusun. Selama waktu fokus, segala macam distraksi harus dihindarkan.

Distraksi-distraksi tersebut dapat diakses kembali apabila sudah memasuki waktu istirahat. Selain itu, metode ini efektif untuk menghindari burnout dalam sesi belajar yang panjang.

Flashcard adalah metode belajar dengan mencantumkan kata kunci penting ke dalam kartu-kartu kecil membuat pemahaman konsep menjadi mudah dengan berbagai pengulangan. Metode ini cukup sederhana karena menggunakan media dua dimensi, sehingga praktis, mudah dibawa, menarik, mudah diingat, dan menyenangkan.

Flashcard dapat dibuat dalam bentuk fisik maupun online. Terdapat banyak website yang menyediakan pilihan flashcard online. Langkah-langkah yang perlu dilakukan di antaranya adalah menyiapkan media kartu flashcard dan membuat penjelasan di bagian belakang kartu dan kata kunci di bagian depan kartu.

Ketika flashcard sudah jadi, cobalah untuk menebak dan menjelaskan kata kunci tersebut dan apabila lupa dapat melihat penjelasan di bagian belakang kartu.

Metode belajar selanjutnya adalah mind mapping. Metode ini cukup terkenal di berbagai kalangan dan tentunya sudah tidak asing di telinga para pelajar. Mind mapping adalah metode mencatat dengan memanfaatkan kata kunci, gambar, maupun warna sehingga hubungan antar informasi tersebut dapat tersajikan lebih jelas.

Mind mapping dapat dibuat dengan beragam cara, namun umumnya terdapat satu topik utama yang selanjutnya akan dijabarkan menggunakan garis penghubung di sekelilingnya. Penggunaan metode belajar mind mapping ini membuat materi atau topik yang ingin dipelajari menjadi terstruktur dan terorganisir.

Selain itu, mind mapping dianggap dapat meningkatkan efisiensi belajar karena inti dari suatu materi dapat tersampaikan. Pelajar dapat menggunakan gambar, bentuk, ataupun warna yang lebih bervariasi sesuai dengan kehendak pelajar itu sendiri.

Terakhir, metode belajar yang dapat digunakan adalah the second brain. Metode ini dikenal mampu meningkatkan produktivitas dan pemahaman karena informasi yang diperoleh dapat disimpan dan diatur dengan baik. Second brain merupakan metode alternatif yang dapat diterapkan ketika otak memiliki keterbatasan dalam mengingat.

Platform yang dapat digunakan dengan metode belajar ini adalah Google Docs, Microsoft Word, Google Keep, Notion, Microsoft OneNote, dan lainnya sebagainya. The second brain dapat dimulai dengan memilah informasi atau materi untuk disimpan, baik kutipan dalam buku, penjelasan guru, maupun highlight dari sumber lainnya.

Kemudian, informasi-informasi tersebut dihubungkan dengan menambahkan tag atau label, sehingga catatan lebih lengkap.

Setelah hal-hal tersebut, step terakhir yang dilakukan adalah membangun sistem dengan memindahkan materi-materi tersebut ke dalam platform ataupun buku fisik, sehingga materi dapat bertahan lebih lama dan dapat dibuka kembali jika ingin mengingatnya.

Penulis: Fildzah Fayi Belanes
Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Diponegoro

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI