Pengalaman Magang Mahasiswa Amikom Yogyakarta di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2024

Daerah Istimewa Yogyakarta
Mahasiswa Magang di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Magang merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk menambah wawasan, menambah keterampilan, dan pengalaman di dunia kerja. Program magang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester akhir yang dilakukan oleh Progam Studi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta.

Kegiatan magang dapat memberikan pengalaman kerja sehingga pada saat lulus kuliah diharapkan mahasiswa bisa langsung mempraktikkan teori ke dalam dunia kerja. Saya selaku mahasiswa peserta magang melaksanakan program magang di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mahasisa magang juga membuat proposal dan laporan kegiatan magang yang berisi mengenai permasalahan yang didapatkan saat melaksanakan magang di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bacaan Lainnya
DONASI

Hasil dari laporan magang nantinya akan dipresentasikan sebagai ujian seminar hasil magang Pogam Studi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa saat magang di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta.

yaitu:

  1. Perkenalan dan adaptasi lingkungan;
  2. Merekap dokumentasi Visitasi Akreditasi 2024;
  3. Merekap data peserta sertifikasi 2024;
  4. Mengikuti rapat internal persiapan pleno hasil sertifikasi akreditasi LPK DIY 2024;
  5. Menjadi resepsionis dan melayani tamu dengan berbagai keluhan.

Untuk kegiatan magang yang saya lakukan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta dilakuakan dengan berjalan lancar. Ada beberapa tips dari saya apa saja yang perlu perhatikan dan dilakukan temen-temen saat menjalani magang agar magangnya berjalan lancar yang harus dilakukan yaitu:

  1. Bersikap sopan dan ramah terhadap rekan magang dan karyawan yang ada;
  2. Jangan malu untuk bertanya kepada pembimbing atau pegawai saat mengalami kesulitan atau belum memahami tugas yang diberikan;
  3. Teliti pada setiap pekerjaan agar menghindari terjadinya kesalahan, misalnya merekap data peserta sertifikasi 2024;
  4. Menjalankan magang dengan sungguh-sungguh dan dilakukan dengan serius.

Teman magang, pembimbing, dan karyawan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta sangat ramah, baik, dan selalu membimbing mahasiswa magang sehingga memberika suasana yang akrab dan menyenangkan di setiap harinya.

Baca Juga: Magang di Grande Garden Cafe, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya Berkesempatan Menjadi Copywriter Handal

Setelah pelaksanaan program magang, banyak ilmu yang didapatkan seperti wawasan mengenai bagaimana merekap data mengetahui bagaimana merancang untung pembangunan daerah, dan mahasiswa mendapatkan pengalaman baru terkait dunia kerja yang sangat membutuhkan softskill dan hardskill sehingga ilmunya dapat digunakan di masa depan.

Penulis: Jeki Pirnata
Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.